--> Skip to main content
Menu

Pengertian Angin muson

Pengertian Angin musonAngin muson adalah/ Angin muson yaitu/ Angin muson merupakan/ yang dimaksud Angin muson/ arti Angin muson/ definisi Angin muson.
Pengertian Angin muson

Angin muson sering juga disebut angin musim. Angin muson adalah angin yang berubah setiap enam bulan sekali. Pada bulan Mei-Oktober, ketika matahari sedang di sekitar garis balik udara (23,5 derajat Lintang Utara), Kawasan benua Asia mengalami penyinaran yang maksimal sehingga suhu udara di Asia menjadi sangat tinggi. Angin bertiup dari kawasan Australia yang bertekanan maksumum menuju kawasan yang bertekanan minimum. Angin ini membawa sedikit uap air yang mengakibatkan terjadinya musim kemarau di Indonesia. Angin penyebab musim kemarau disebut angin muson timur.
Sebalinya pada bulan November-April, ketika matahari sedang berada di sekitar garis balik selaan (23,5 derajat Lintang Selatan) kawasan Benua Australia mengalami penyinaran yang maksimal sehingga suhu udara Australia menjadi sangat tinggi. Angin bertiup dari kawasan Asia yang bertekanan maksimum menuju kawasan Australia yang bertekanan minimum. Angin ini membawa banyak uap air yang mengakibatkan terjadinya musim hujan di Indonesia. Angin penyebab musim hujan disebut angin muson barat.
Demikian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini tentang Pengertian Angin muson, semoga menambah pengetahuan kita.