Pengertian Tenaga Eksogen

Advertisement
Pengertian tenaga eksogen – Dalam ilmu alam ada yang namanya tenaga endogen dan tenaga eksogen. Untuk penjelasan tentang tenaga endogen silahkan baca artikel: Pengertian tenaga endogen. Sedangkan untuk tenaga eksogen akan kami ulas dalam artikel ini. Apa itu tenaga eksogen? Bagi kamu yang sekolah dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau Geografi tentunya ada materi tentang definisi tenaga eksogen. Masih ingatkah kamu dengan apa yang dimaksud dengan tenaga eksogen? Jika kamu lupa atau mmasih belum paham tentang arti tenaga eksogen. Maka kamu bisa mempelajari arti dari tenaga eksogen di sini.
Pengertian Tenaga Eksogen

Pengertian Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal yang berasal dari luar bumi yang berpengaruh terhadap permukaan bumi. Atau tenaga eksogen yaitu semua kekuatan yang asalnya dari luar bumi yang turut berpengaruh pada permukaan bumi. Sumber dari kekuatan tenaga eksogen yaitu sinar matahari, air, angin serta gletser yang membantu dalam proses terbentuknya atau terjadinya tenaga eksogen.

Tenaga ini bersifat merusak, yaitu memotong (to cut) daerah yang tinggi dan mengisi (to fill) daerah yang rendah. Bentuk-bentuk menonjol hasil dari orogenesa akan dikikis oleh tenaga eksogen, begitu pula dengan bentuk-bentuk lekuk seperti palung dan basin akan ditimbun dengan sedimen. Tenaga eksogen merombak permukaan bumi melalui tiga kegiatan, yaitu pelapukan, erosi, dan sedimentasi. Ketiga proses tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya karena proses yang satu akan mempengaruhi proses lainnya.

Proses Tenaga Eksogen

Penjelasan tentang 3 kegiatan atau proses tenaga eksogen adalah sebagai berikut ini:
  • Pelapukan adalah sebuah proses rusaknya batu-batuan pada tempat asalnya. Pelapukan bisa terjadi secara mekanik, organik dan kimia.
  • Erosi adalah pengikisan serta meindahkan hasil-hasil pelapukan oleh angin, air, gletser dari tempat asalnya ke tempat yang lain.
  • Sedimentasi adalah proses pengendapan atau penimbunan tempat-tempat yang lekuk dengan bahan-bahan hasil erosi yang yang terbawa oleh angin, air maupun gletser.

Demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan tentang pengertian tenaga eksogen. mudah-mudahan bisa penjelasan tersebut di blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat buat kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru