--> Skip to main content
Menu

Pengertian puisi

Pengertian puisipuisi adalah/ puisi yaitu/ puisi merupakan/ yang dimaksud puisi/ arti puisi/ definisi puisi.
puisi adalah

Secara etimologi, istilah puisi berasal dari bahasa yunani, poeima, "membuat" atau poesis, "pembuatan". Dalam bahasa Inggris disebut poem atau poetry. Puisi merupakan ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan dan merangsang imajinasi pancaindra dalam susunan yang berirama. Tambahannya lagi, puisi merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan.
Esensi pusisi merupakan perwujudan pikiran, perasaan, dan pengalaman intelektual seorang penyair yang bersifat imajinatif, yang diungkapkan melalui bahasa yang memikat secara jujur dan sungguh-sungguh. Terdapat dua unsur penting yang membangun puisi, yakni metode puisi dan hakikat puisi. Metode puisi disebut juga struktur fisik puisi yang terdiri atas diksi. metode puisi disebut juga struktur fisik puisi yang terdiri atas diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif, serta ritma dan rima. Adapun hakikat puisi disebut juga struktur batin puisi yang terdiri atas tema, perasaan, nada, dan amanat.
Puisi lama merupakan puisi yang terikat oleh syarat-syarat, seperti jumlah larik dalam setiap bait, jumlah suku kata dalam setiap larik, pola rima dan irama, serta muatan setiap bait. Yang termasuk puisi lama adalah bidal, gazal, gurindam, mantra, masnawi, nazam, kith'ah, rubai, pantun, seloka, syair, talibun dan teromba.
Demikian penjelasan yang saya berikan untuk anda tentang pengertian puisi, mudah-mudahan penjelasan tersebut dapat anda pahami dengan mudah.