Skip to main content

Pengertian Ciri-ciri Jenis dan Contoh Pantun

Pengertian ciri-ciri jenis dan contoh pantun - Pantun termasuk salah satu jenis puisi lama yang terkenal hingga saat ini. Apa itu pantun? Tentunya teman-teman sudah sering mendengar pantun, tidak hanya dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah saja, tetapi juga pada acara-acara hiburan adat hingga acara hiburan komedi yang disiarkan di stasiun televisi. Lalu seperti apakah pantun itu? Bagi temtan-teman yang belum bisa menjelaskan definisi pantun. Maka pada pembahasan ini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan pantun, agar bisa memahami definisi atau arti dari pantun tersebut. Tidak hanya itu di sini juga kami jelaskan tentang ciri ciri pantun dan jenis jenis pantun beserta dengan contohnya. Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian ciri ciri jenis contoh pantun.

Pengertian Ciri-ciri Jenis dan Contoh Pantun

Pengertian Pantun

Pengertian pantun adalah ragam puisi lama yang tiap baitnya terdiri atas empat larik dengan irama akhir a-b-a-b. Setiap larik biasanya terdiri atas empat kata atau delapan sampai dengan 12 suku kata dan dengan ketentuan bahwa dua larik pertama selalu merupakan kiasan atau sampiran, sementara isi atau maksud sesungguhnya terdapat pada larik ketiga dan keempat. Berdasarkan struktur dan persyaratannya, pantun dapat terbagi ke dalam pantun biasa, pantun kilat atau karmina, dan pantun berkait.

Pantun merupakan bentuk puisi lama asli Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia (Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan sebagainya) memiliki pantun.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri ciri Pantun

Ciri ciri pantun adalah sebagai berikut ini:

  1. Setiap bait terdiri atas empat baris.
  2. Setiap baris terdiri 8-12 suku kata.
  3. Berima akhir silang (a b a b).
  4. Bariss kesatu dan kedua sebagai sampiran atau perumpamaan, sedangkan baris ke tiga dan keempat sebagai isi atau maksud.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Pantun dan Contohnya

Jenis jenis pantun berdasarkan isinya beserta contohnya adalah sebagai berikut ini:

1. Pantun anak-anak

Pantun anak-anak adalah pantun yang isinya berhubungan dengan anak dan tujuannya untuk menyenangkan anak serta memberikan pendidikan untuk anak. Untuk contoh pantun anak anak adalah sebagai berikut:

Burung merpati burung dara,

Terbang tinggi jauh melanglang.

Hati ini sangat gembira,

Sebentar lagi bapak pulang.

2. Pantun Berkasih-kasihan

Pantun berkasih kasihan adalah jenis pantun yang isinya berhubungan dengan kasih sayang antara muda-mudi dan biasanya digunakan untuk menyampaikan perasaan seseorang kepada oarang yang dicintainya. Contoh pantun berkasih kasihan adalah sebagai berikut:

Jika ikan ada di dalam kolam,

bunga tumbuh di tengah-tengah taman.

Jika cinta sudah terlalu dalam,

Jarak jauh pun terasa nyaman.

3. Pantun Nasehat

Pantun nasehat adalah jenis pantun yang isinya memberikan himbauan, anjuran atau pesan moral kepada seseorang ataupun masyarakat. Contoh pantun nasehat adalah sebagai berikut:

Bapakku seorang petani,

Punya sawah punya ladang

Marilah kita belajar hari ini,

Agar masa depan kita lebih gemilang.

4. Pantun Agama

Pantun agama adalah jenis pantun yang isinya membahas tentang hubungan manusia dengan sang pencipta. Biasanya pantun ini berisi pesan moral atau nasihat sesuai dengan nilai-nilai agama tertentu. Contoh pantun agama adalah sebagai berikut:

Beli komputer itu biasa,

Agar belajar jadi semangat.

Marilah kita belajar puasa,

Agar kita menjadi lebih kuat.

5. Pantun Jenaka

Pantun jenaka adalah jenis pantun yang isinya lucu dan menarik yang bertujuan untuk menghibur orang yang membaca ataupun mendengarnya. Contoh pantun jenaka adalah sebagai berikut:

Jalan-jalan naik delman,

Keliling kota hingga senja.

Teman mengaku teman,

Kalau ada maunya saja

6. Pantun Teka-teki

Pantun teka teki adalah jenis pantun yang isinya tentang pertanyaan, di mana tujuan dari pantun teka-teki adalah untuk hiburan dan menggambarkan orang-orang yang berinteraksi lewat pantun tersebut. Contoh pantun teka teki adalah sebagai berikut:

Burung nuri burung dara,

Terbang ke sisi taman kahyangan.

Cobalah cari wahai saudara,

Semakin diisi semakin ringan.

(Jawabannya: Balon)

7. Pantun Kepahlawanan

Pantun kepahlawanan adalah jenis pantun yang berisi tentang semangat kepahlawanan. Berikut ini adalah contoh dari pantun kepahlawanan.

Anak Burung elang belajar terbang,

Terbang mengelilingi lautan.

Jangan berlagak gagah dan garang,

Kalau tidak berani menjadi yang terdepan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian ciri-ciri jenis dan contoh pantun. Semoga penjelasan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar