Skip to main content

Pengertian Ideologi Agama dan Ciri cirinya

Pengertian ideologi agama dan ciri cirinya – Apa itu ideologi agama? Sebelum kami bahas tentang pengertian ideologi agama, terlebih dahulu kami bahas tentang pengertian ideologi dan agama, agar tahu apa itu ideologi dan agama. Ideologi adalah kumpulan ide-ide dasar, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang bersifat sistematis sesuai dengan arah serta tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional sebuah bangsa dan negara. Sedangkan agama adalah sebuah ajaran dan sistem yang mangatur tentang tata keimanan atau kepercayaan dan peribadatan keapda Tuhan Yang Maha Esa, serta tata kaidah terkait dengan pergaulan manusia dengan manusia dan lingkungannya. Lalu apa yang dimaksud ideologi agama? Berikut ini adalah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan ideologi agama, ciri ciri ideologi agama, dan contoh negara ideologi agama.
Pengertian Ideologi Agama dan Ciri cirinya

Pengertian Ideologi Agama

Jelaskan pengertian ideologi agama? Ideologi agama adalah ideologi yang bersumber pada falsafah agama yang tercantum/ termuat dalam kitab suci agama. Agama sebagai ideologi dalam tataran individu, etika berfungsi sebagai suatu proses awal pembentukan identitas. Konstruksi identitas akan memberikan sebuah kesadaran untuk mempercayai segala bentuk kebenaran yang disampaikan oleh agama.

Apabila seseorang penganut agama sudah mempunyai kesadaran akan identitasnya dalam suatu agama, maka komitmennya pada agama tersebut tidak akan diragukan. Identitas kelompok (agama) itulah yang menjadikan awal ideologisasi agama bagi para pemeluknya. Ideologi sendiri berfungsi untuk memberikan pengaruh kehidupan suatu kelompok agar bisa sesuai dengan apa yang sudah digariskan sejak awal oleh agama tersebut. Pada tingkat lebih lanjut, identitas agama di sisi lain dapat memberikan harapan yang besar bagi masyarakat yang menganutnya untuk maju, karena dengan agama dapat membentuk moral personal dan solidaritas yang baik bagi para pemeluk agama.

Ciri ciri Ideologi Agama

Sebutkan ciri ciri ideologi agama? Berikut ini kami tuliskan ciri ciri ideologi agama:
  • Urusan negara dan pemerintah dijalankan berdasarkan hukum agama.
  • Hanya satu agama resmi dalam negara.
  • Semua aspek kehidupan negara berlandaskan agama.

Contoh Negara Ideologi Agama

Tuliskan 5 contoh negara yang menganut ideologi agama? contoh negara yang menganut ideologi agama adalah sebagai berikut:
  1. Arab saudi: Islam
  2. Vatikan di Roma: Kristen
  3. India: Hindu
  4. Tibet: Budha
  5. Jepang: Shinto

Demikian penjelasan yang bisa kami bagikan kepada teman-teman tentang pengertian ideologi agama dan ciri cirinya beserta dengan contoh negara ideologi agama. Semoga apa yang dapat kami bagikan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar