--> Skip to main content
Menu

Pengertian Ideologi Pancasila, Makna, Ciri-ciri, Fungsi dan Perannya

Pengertian ideologi pancasila - Para pendiri bangsa Indonesia telah menyepakati Ideologi pancasila sebagai landasan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai ideologi, pancasila mempunyai peranan yang sangat penting dan mengakar dalam menentukan setiap gerakan dan arahan kehidupan bangsa Indonesia. Lalu apa itu ideologi pancasila? Dan seperti apakah ideologi pancasila itu? Bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud ideologi pancasila, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan ideologi pancasila dalam postingan ini. Di sini akan kami bahas tentang pengertian ideologi pancasila secara umum, makna ideologi pancasila, ciri-ciri Ideologi pancasila, fungsi dan peranan ideologi pancasila serta dimensi ideologi pancasila. Oke bagi kamu yang ingin tahu seperti apakah yang dimaksud ideologi pancasila, simak penjelasan definisi ideologi pancasila sebagai berikut.

Pengertian Ideologi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila

Jelaskan arti ideologi pancasila? arti ideologi pancasila adalah seperangkat ide atau cita-cita yang menentukan keyakinan dan cara dalam berfikir untuk dapat mewujudkan suatu tujuan dengan berlandaskan pada lima sila yang ada dalam pancasila.

Poin penting yang perlu untuk digaris bawahi yaitu “berlandaskan pada lima sila (pancasila)”. Dalam hal itu ideologi berada pada tataran ide, gagasan, dan cita-cita. Dalam penerapannya, setiap tindakan yang dilakukan oleh individu sebagai bagian dari bangsa harus dipandu, diarahkan dan didorong oleh ide, gagasan dan cita-cita yang membentuk ideologi pancasila. Maka dari itu setiap tindakan kita sebagai warga negara dan bagian dari masyarakat indonesia harus bisa selaras dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Jadi pengertian ideologi pancasila adalah ideologi yang bersumber dari seluruh nilai Pancasila yang terdapat pada sila-sila Pancasila yang merupakan satu kesatuan organis tidak terpisahkan antara sila yang satu dengan sila yang lainnya.

Indonesia adalah satu-satunya negara yang menganut ideologi pancasila. Pancasila termasuk ideologi terbuka dan dapat mengembangkan wawasannya secara lebih nyata sehingga dapat memecahkan masalah-masalah yang ada.

Makna Ideologi Pancasila

Dari penjelasan definisi ideologi pancasila di atas, maka bisa disimpulkan beberapa makna ideologi pancasila adalah sebagai berikut:

  • Pancasila sebagai seperangkat ide atau gagasan yang sistematis.
  • Pancasila sebagai cita-cita yang hendak dicapai.
  • Pancasila sebagai pedoman cara hidup.
  • Pancasila sebagai suatu prinsip yang harus dipegang teguh.

Dari ke-empat poin tersebut dapat menunjukkan bahwa pancasila sebagai ideologi yang mempunyai makna fungdamental bagi masyarakat Indonesia. Makna tersebut tidak akan dapat terwujud tanpa adanya penerapan pada wilayah praktis, misalnya seperti perumusan kebijakan dan aturan. Jika pancasila tidak dipraktikkan, maka otomatis maknanya akan hilang.

Ciri-ciri Ideologi Pancasila

Ciri-ciri ideologi pancasila adalah sebagai berikut:

  • Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Urusan agama juga termasuk urusan negara.
  • Pemerintah berdasarkan persetujuan rakyat.
  • Negara berdasarkan atas hukum.
  • Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

Fungsi dan Peranan Ideologi Pancasila

Macam macam fungsi dan peran ideologi pancasila adalah sebagai berikut:

Fungsi Ideologi Pancasila

Pancasila sebagai ideologi mempunyai fungsi yang nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Fungsi ideologi pancasila tersebut adalah:

  • Pancasila dijadikan sebagai dasar acuan bagi persatuan dalam kehidupan berkelompok.
  • Pancasila bisa mempererat hubungan-hubungan sosial dalam bermasyarakat.
  • Pancasila dapat mengantarkan kita membentuk moral yang baik terhadap sang pencipta, antar sesama manusia dan makhluk hidup lainnya.

Peranan Ideologi Pancasila

Peranan ideologi pancasila bagi bangsa indonesia, antara lain:

  • Pemerintahan tidak akan bisa berhasil tanpa adanya ide, cita-cita dan tujuan hidup, dari sinilah ideologi pancasila berperan.
  • Ideologi pancasila mempunyai arah dan tujuan yang jelas dan pasti. Dengan berdasar pada pancasila pendidikan, pembangunan, perekonomian Indonesia berjalan.
  • Ideologi pancasila mampu dalam menjawab setiap hambatan dan tantangan dalam kehidupan nyata.
  • Pancasila sebagai ideologi berperan dalam menjaga integrasi nasional.
  • Ideologi sebagai pokok fundamental dan normatif untuk kehidupan negara dan mentalitas sebagai martabat bangsa.

Dimensi ideologi pancasila

1. Dimensi Realitas dari Ideologi Pancasila

Dimensi realitas dalam ideologi pancasila tercermin dalam suatu kenyataan hidup yang ada di dalam masyarakat yang mana ideologi tersebut ada untuk pertama kalinya.

2. Dimensi idealisme dari Ideologi Pancasila

Dimensi idealisme dari ideologi pancasila adalah suatu kualitas ideologi yang tercantum dalam nilai dasar supaya bisa memberikan harapan kepada berbagai golongan/ kelompok dan masyarakat tentang masa depan yang lebih baik.

3. Dimensi Fleksibilitas dalam Ideologi Pancasila

Dimensi fleksibilitas dalam ideologi pancasila tercermin dari kemampuan ideologi dalam hal mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat.

Itulah penjelasan yang bisa kami bagikan kepada kamut tentang pengertian ideologi pancasila juga makna ideologi pancasila, ciri-ciri Ideologi pancasila, fungsi dan peranan ideologi pancasila serta dimensi ideologi pancasila. Semoga penjelasan yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.