--> Skip to main content

Pengertian Nilai Dasar Pancasila dan Contohnya

Pengertian nilai dasar pancasila dan contohnya - Di dalam ideologi pancasila senantiasa terkandung nilai-nilai yang mempunyai keterkaitan yang erat dalam konteks HAM (Hak Asasi Manusia), perubahan sosial maupun dalam sistem pemerintahan dan penyelenggaraan negara untuk dapat mencapai tujuannya. Nilai-nilai tersebut erat kaitannya dengan nilai dasar pancasila, nah apa itu nilai dasar pancasila? Bagi teman-teman yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan nilai dasar pancasila, maka pada pembahasan ini kami akan membahas tentang definisi nilai dasar pancasila. Tidak hanya arti dari nilai dasar pancasila saja di sini juga kami sertakan contoh nilai dasar yang terkandung dalam pancasila. Langsung saja berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian nilai dasar pancasila beserta contohnya.

Pengertian Nilai Dasar Pancasila dan Contohnya

Pengertian Nilai Dasar Pancasila

Pengertian nilai dasar pancasila adalah esensi (hakikat) dari sila Pancasila yang bersifat universal sehingga dalam nilai dasar terkandung cita-cita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar. Nilai dasar tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yang memuat nilai-nilai dasar ideologi Pancasila. Pembukaan UUD 1945 merupakan norma dasar yang merupakan tertib hukum tertinggi sebagai sumber hukum positif, sehingga dalam negara memiliki keddukan sebagai staats fundamental norm atau pokok kaidah negara yang fundamental. Nilai dasar ini bersifat tetap dan melekat pada kelangsungan hidup negara, sehingga Pembukaan UUD 1945 kemudian dijabarkan dalam pasal-pasal UUD 1945 dan dijalankan lembaga penyelenggara negara beserta tugas dan wewenangnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Nilai Dasar yang Terkandung dalam Pancasila

Contoh perwujudan nilai nilai dasar yang terkandung dalam pancasila

1. Nilai Ketuhanan

Nilai ketuhanan terkandung dalam sila Ketuhanan yang Maha Esa. Nilai ketuhanan artinya mempunyai keyakinan terhadap Tuhan YME yang telah menciptakan alam semesta. Dengan adanya nilai ketuhanan maka semakin mempertegas bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius dan bukanlah sebuah bangsa yang atheis.

Nilai ketuhanan juga mempunyai makna persamaan kedudukan warga negara di dalam negara yang mempunyai kebebasan dalam memluk dan beribadah sesuai agama yang diyakininya, menghormati kebebasan dalam beragama, tidak saling memaksa maupun melakukan tindakan yang diskriminatif antar sesama umat beragama.

2. Nilai Kemanusiaan

Nilai kemanusiaan terkandung dalam sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Nilai kemanusiaan mempunyai arti bahwa setiap manusia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabat sebagai makhluk beradab yang mempunyai derajat, hak dan kewajiban. Hak yang melekat dalam diri manusia ini sering dikenal sebagai Hak Asasi Manusia (HAM).

3. Nilai Persatuan

Nilai persatuan terkandung dalam sila Persatuan Indonesia. Nilai persatuan mempunyai arti bahwa negara indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dalam membina rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara merupakan sebuah persekutuan hidup bersama yang mempunyai berbagai faktor dalam membentuk sebuah negara seperti suku, ras, budaya dan agama. Sesungguhnya perbedaan yang dimiliki adalah kodrat manusia yang menjadi ciri khas dari tiap-tiap elemen tersebut. Sebagai cerminan suatu kemajemukan bangsa maka terciptalah semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang menjadi sebuah dasar untuk saling menerima perbedaan untuk menjadi pemersatu bangsa.

4. Nilai Kerakyatan

Nilai kerakyatan terkandung dalam sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Nilai kerakyatan mengandung arti bahwa dalam penyelenggaraan negara harus berprinsip pada nilai demokrasi yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Setiap ada masalah maka harus diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat.

5. Nilai Keadilan

Nilai keadilan terkandung dalam sila Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai keadilan mempunyai arti satu tujuan yang hendak dicapai, tidak mungkin dapat tercipta kesejahteraan tanpa adanya keadilan. Karena itulah keadilan harus ditegakkan di Ineonesia.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah uraian singkat yang dapat kami tuliskan tentang pengertian nilai dasar pancasila dan contohnya. Semoga apa yang sudah kami uraikan dalam blog temukan pengertian tersebut dapat memberi manfaat bagi kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar