Skip to main content

Pengertian Fungsi dan Macam macam Ideologi

Pengertian fungsi dan macam macam ideologi – Setiap warga negara di segala aspek kehidupan seperti sosial, budaya dan politik diatur oleh adanya ideologi. Sebagai warga negara kita harus tahu tentang apa itu ideologi. Nah bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan ideologi, kamu bisa membaca tentang definisi ideologi di sini. Selain membahas tentang arti dari ideologi, juga kami bahas tentang fungsi ideologi dan macam-macam ideologi. Silahkan simak, pembahasannya adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Fungsi dan Macam macam Ideologi

Pengertian Ideologi

Secara garis besar pengertian ideologi adalah suatu keyakinan yang dianut secara bersama-sama dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Istilah ideologi berasal dari bahasa yunani yaitu dari kata idea dan logos kata idea berarti melihat, memandang, pikiran, ide atau cita-cita. Sedangkan logos (logia) berarti ilmu. Jadi arti ideologi adalah sebagai seperangkat cita-cita (ide-ide) yang merupakan keyakinan, tersusun secara sistematis, dan disertai petunjuk cara-cara mewujudkan cita-cita tersebut.

Pengertian Ideologi Secara Umum

Arti ideologi secara umum adalah sekumpulan ide-ide dasar maupun gagasan dan kepercayaan yang bersifat sistematis sesuai dengan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Pengertian Ideologi Secara Harfiah

Pengertian ideologi secara harfiah adalah ilmu tentang pengertian-pengertian dasar, cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai, sehingga cita-cita yang bersifat tetap tersebut sekaligus merupakan dasar, pandangan, dan paham (Kaelan, 2003).

Istilah Ideologi sendiri diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “sains tentang ide”. Tujuan utama ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Sehingga definisi ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekedar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diposisikan sebagai sistem berpikir eksplisit.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Supaya kita bisa lebih memahami tentang apa arti dari ideologi, maka kita perlu merujuk pada beberapa definisi ideologi menurut para ahli. Adapun beberapa arti ideologi menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Ideologi Menurut Mubyarto

Dalam sebuah buku kumpulan tulisan pancasila sebagai ideologi tahun 1991. Menyatakan bahwa ideologi menurut mubyarto adalah sebagai sejumlah doktrin, kepercayaan, dan simbol-simbol sekelompok masyarakat atau bangsa yang dijadikan sebagai pegangan dan pedoman kerja (perjuangan) untuk mencapai tujuan masyarakat bangsa tersebut.

Pengertian Ideologi Menurut Moerdiono

Ideologi menurut moerdiono adalah secara keseluruhan sistem kompleks pengetahuan dan nilai menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagad raya, bimi dan isinya serta menentukan sikap dasar bagaimana untuk mengelolanya.

Pengertian Ideologi Menurut Kamus Ilmiah Populer

Definisi ideologi menurut kamus ilmiah populer adalah cita-cita yang merupakan dasar dari salah satu sistem politik, paham kepercayaan dan seterusnya.

Pengertian Ideologi Menurut Karl Marx

Ideologi menurut karl marx adalah kesadaran palsu. Hal itu dikarenakan ideologi merupakan suatu hasil pemikiran yang diciptakan oleh pemikirnya, padahal pada dasarnya dari kesadaran para pemikir tersebut ditentukan oleh adanya suatu kepentingannya. Jadi pengertian ideologi menurut karl marx adalah pengandalan-pengandalan spekulatif yang berupa suatu agama moralitas atau keyakinan politik. Meskipun spekulatif, ideologi dianggap sebagai kenyataan untuk bisa menyembunyikan, menjaga atau melindungi kepentingan kelas sosial pemikirnya.

Pengertian Ideologi Menurut KBBI

Pengertian ideologi menurut kbbi adalah sekumpulan konsep bersistem yang dijadikan sebagai asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan juga tujuan untuk kelangsungan hidup.

Pengertian Ideologi Menurut Alfian

Pengertian ideologi menurut dr alfian dalam karyanya yang berjudul “Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia” (1980). Menyatakan bahwa ideologi adalah suatu pandangan atau sistem bilateral yang menyeluruh dan juga mendalam tentang suatu cara hidup yang secara moral itu dianggap benar dan juga adil.

Pengertian Ideologi Menurut Destutt De Tracy

Pengertian ideologi menurut antoine destutt de tracy yaitu bahwa ideologi sebagai “science of ideas” dimana ideologi dijabarkan sebagai suatu program yang diharapkan bisa membawa perubahan institusional atau lembaga dalam masyarakat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Ideologi

Ideologi bisa dipelajari, diformulasikan dan disematkan pada tatanan abstrak dalam pikiran dan jiwa manusia. Suatu ideologi dapat membentuk struktur kognitif, yaitu menjadi landasan dasar dalam berpikir dan cara pandang manusia dalam memahami dan menafsirkan dunia.

Fungsi ideologi secara umum adalah sebagai berikut ini:

  • Ideologi dapat menjadi pemandu tindakan sosial individu dalam masyarakat.
  • Ideologi dapat menjadi sumber inspirasi norma dan juga nilai sosial.
  • Ideologi dapat menjadi panduan bagi manusia untuk menentukan identitas dirinya.
  • Ideologi dapat menjadi motivasi bagi individu dalam mengejar cita-cita dan tujuan hidupnya.

Beberapa dari fungsi ideologi tersebut menunjukan bahwa peran signifikan ideologi dalam menentukan tindakan konkrit individu dalam kehidupan sosialnya. Seseorang bahkan secara ekstrim rela berkorban nyawa demi mempertahankan ideologinya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Mcam-macam Ideologi

Sebenarnya macam-macam ideologi di dunia ada banyak, namun ada beberapa macam ideologi yang cukup populer. Diantaranya macam macam ideologi adalah sebagai berikut ini:

1. Ideologi Liberalisme

Ideologi liberalisme adalah kebebasan individu dan menjunjung tinggi kesetaraan masyarakat dalam suatu negara. Hak-hak dasar setiap individu harus dilindungi oleh negara.

2. Ideologi Nasionalisme

Ideologi nasionalisme adalah kesadaran dan semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditunjukkan melalui sikap atau tindakan individu atau kelompok masyarakat.

3. Ideologi Kapitalisme

Ideologi kapitalisme ialah kebebasan individu dalam melakukan akumulasi kapital individual. Dalam ideologi ini, negara tidak diperbolehkan membatasi (mengintervensi) peran individu untuk mengakumulasi kekayaan.

4. Ideologi Sosialisme

Ideologi sosialisme adalah kesetaraan sosial di mana pemerintah atau negara mempunyai peran dominan atas individu. Dalam ideologi sosialisme, hak milik pribadi tidak diakui oleh penganut sistem sosialisme.

5. Ideologi Feminisme

Pengertian ideologi feminisme yaitu perjuangan dalam hal kesetaraan hak dan tanggung jawab bagi perempuan dalam hal politik, ekonomi, budaya, ruang publik dan ruang pribadi.

6. Ideologi Marxisme

Ideologi marxisme adalah hasil dari pemikiran Karl Marx. Marxisme mengambil inspirasi konseptual dari pemikiran Marx tentang bagaimana masyarakat bekerja yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sosial dan politik.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan tentang pengertian fungsi dan macam macam ideologi. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat menambah pengetahuan kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar