--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Pengertian Pancasila sebagai Alat Pemersatu BangsaPancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa adalah/ Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa yaitu/ Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa merupakan/ yang dimaksud Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa/ arti Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa/ definisi Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa.
yang dimaksud Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Bangsa Indonesia dengan beraneka ragam suku, agama, dan ras memerlukan tali pengikat untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan agar tercipta kehidupan yang harmonis di antara warga masyarakat. Tali pengikat itu adalah cita-cita, pandangan hidup yang dianggap ideal, dan sesuai dengan falsafah bangsa.

Pancasila dianggap sebagai alat pemersatu karena berisi cita-cita dan gambaran tentang nilai-nilai ideal yang akan diwujudkan bangsa ini. Pancasila melandasi semua kehidupan kenegaraan, berbangsa, dan bermasyarakat sehingga fungsi dan kedudukan Pancasila adalah sebagai alat pemersatu bangsa, yaitu untuk menyatukan semua perbedaan yang ada di Indonesia.

Itulah apa yang dimaksud Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa, semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan kita.