Skip to main content

Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara dan Fungsinya

Pengertian pancasila sebagai dasar negara dan fungsinya – Seperti yang telah diketahui, bahwa Pancasila merupakan salah satu dasar fundamental Negara Republik Indonesia. Sebagai warga negara Republik Indonesia, kita semestinya mengetahui apa arti pancasila sebagai dasar negara. Namun sayangnya hingga kini masih ada beberapa diantara kita yang masih belum mengerti apa makna pancasila sebagai dasar negara. Untu itu pada pembahasan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan pancasila sebagai dasar negara. Berikut ini adalah penjelasan tentang definisi pancasila sebagai dasar negara dan fungsi pancasila sebagai dasar negara.
Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara dan Fungsinya

Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara

Pengertian pancasila sebagai dasar negara adalah setiap hal-hal yang berhubungan dengan urusan-urusan ataupun masalah tentang kenegaraan harus diputuskan dengan didasari ataupun dilandasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila. Atau arti pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan negara dan penyelenggaraan negara.

Dengna kata lain makna pancasila sebagai dasar negara adalah pancasila menjadi landasan, pondasi utama, ataupun titik acuan bangsa dan negara Indonesia dalam mengatur bangsa maupun NKRI. Jadi, segala bentuk peraturan yang ada di Indonesia harus berlandaskan pada pancasila. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa adanya Pancasila sangatlah penting dalam mengatur unsur-unsur kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai dasar dari penyelenggaraan kehidupan bernegara di Indonesia dan menurut ketetapan MPR No. III/MPR/2000 merupakan sumber hukum dasar nasional. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara sesuai denggan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea IV ”. . . maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan itu dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.” Dengan kedudukan yang istimewa tersebut, proses penyelenggaraan kehidupan bernegara memiliki fungsi yang kuat pula.

Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara

Fungsi pancasila sebagai dasar negara adalah
  1. Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Dalam Berbangsa dan Bernegara
  2. Pancasila berperan menjadi pedoman bagi rakyat indoensia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan begitu maka segala bentuk peraturan yang ada di Negara Indonesia harus berlandaskan pada asas-asas pancasila, begitu pula dengan keputusan-keputusan yang ditetapkan pada saat menyelesaikan suatu persoalan atau masalah dalam berbangsa dan bernegara.
  3. Pancasila Sebagai Cerminan Kepribadian Bangsa Indonesia
  4. Pancasila harus bisa menjadi identitas diri seseorang yang berkebangsaan Indonesia. Menjadikan pancasila sebagai bentuk kepribadian kita adalah hal yang sangat penting karena itu merupakan ciri khas Bangsa Indonesia.
  5. Pancasila Mendarah Daging di Dalam Jiwa Bangsa Indonesia
  6. Pancasila haruslah bisa mendarah daging dalam tiap-tiap jiwa masyarakat Indonesia pada saat menjalankan kehidupannya sehari-hari, dalam hal bersosialisasi, pekerjaan ataupun dalam bentuk aspek-aspek kehidupan yang lainnya.
  7. Pancasila Sebagai Sumber dari Segala Hukum
  8. Pancasila sebagai sumber di atas segala sumber hukum yang berlaku di Negara Indonesia. Atau Pancasila merupakan pondasi utama dan juga landasan bagi seluruh hukum-hukum yang berlaku di Indonesia, tidak ada satupun peraturan yang berlaku di Negara Indonesia bertentangan dengan Pancasila.
  9. Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Arah Tujuan Bangsa Indonesia
  10. Sebagai bangsa Indonesia, kita mempunyai impian atau cita-cita dapat terwujudnya sebuah negara yang mempunyai rasa keyakinan Ketuhanan Yang Maha Esa yang tinggi, rasa kemanusiaan yang tinggi, persatuan dan kesatuan yang kokoh, selalu senantiasa bermusyawarah dalam mengambil dan menentukan setiap keputusan dan dapat terciptanya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Itulah penjelasan yang telah kami tuliskan tentang pengertian pancasila sebagai dasar negara dan fungsinya. Semoga tulisan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar