--> Skip to main content
Menu

Pengertian Standarisasi dan Tujuan Standarisasi

Mungkin kamu pernah dengar istilah “Standarisasi”, tahukah kamu pengertian standarisasi? Standarisasi sendiri telah memberikan kontribusi penting dalam kehidupan sehari-hari. Ada berbagai manfaat nyata yang bisa didapatkan dari adanya standarisasi. Lalu apa itu standarisasi? Nah, bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud standarisasi, silahkan simak penjelasan pengertian standarisasi dan tujuan standarisasi di sini.

Standarisasi adalah

Pengertian Standarisasi

Kata standardisasi berasal dari kata standar yang artinya adalah satuan ukur yang digunakan untuk perbandingan nilai, kualitas, kuantitas, pada suatu objek tertentu seperti produk atau hasil karya. Sehingga, pengertian standardisasi adalah suatu proses pembentukan standar teknis yang selanjutnya akan dijadikan sebagai acuan atau standar cara uji, standar definisi, standar spesifikasi sekaligus standar prosedur atau praktik dan lain sebagainya. Jadi bisa dikatakan bahwa standardisasi pada suatu produk adalah penetapan mutu yang dijadikan sebagai acuan minimal dalam mencapai keselarasan agar kualitas produk terjamin.

Umumnya standarisasi digunakan sebagai tolak ukur terhadap suatu objek dengan penentuan spesifikasi dan karakteristik tertentu yang dikenakan pada objek tersebut. Standardisasi disebut sebagai usaha bersama dalam pembentukan sebuah standar sebagai upaya untuk menjaga kualitas. Dengan adanya standarisasi inilah sebuah objek bisa memiliki sebuah nilai lebih dan diakui oleh semua masyarakat.

Proses penentuan spesifikasi suatu produk dalam Standarisasi meliputi (ukuran, bentuk, dan karakteristik yang lainnya). Umumnya suatu perusahaan hanya akan memproduksi barang yang sesuai dengan standar. Terkecuali dalam situasi tertentu dengan upah yang berbeda. Keuntungannya yaitu dapat mengurangi tipe, macam, dan ukuran berbagai bahan baku yang harus dibeli, dan berbagai barang yang harus dibuat. Sehingga dapat menguntungkan secara ekonomi (biaya per unit rendah, berkurangnya alat, tenaga kerja dan persiapan produksi). Kelemahannya yaitu lebih banyak di gunakan oleh perusahaan besar, tidak cocok jika digunakan untuk perusahaan perakitan.

Tujuan Standarisasi

Adapun tujuan standarisasi adalah untuk melindungi produsen, tenaga kerja, konsumen, dan masyarakat dari segi keamanan, keselamatan, kesehatan dan pelestarian fungsi lingkungan. Selain itu standarisasi juga bertujuan untuk membangun sistem nasional yang dapat mendorong dan meningkatkan serta menjamin mutu suatu barang atau jasa. Tidak hanya itu saja, standarisas juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk barang jasa nasional di pasar global.

Demikian penjelasan yagn dapat kami tulis tentang pengertian standarisasi, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sumber : tipscermat.com