--> Skip to main content

Pengertian Pesaing Dan Tingkatan Persaingan Dalam Sebuah Usaha

Dalam dunia usaha, masalah persaingan bukanlah masalah baru. Apapun usaha atau bisnis yang anda jalani, biasanya pasti akan ada yang namanya pesaing. Lalu apa yang dimaksud dengan pesaing usaha? Nah bagi kamu yang mungkin belum tahu atau bingung untuk menjawab pertanyaan “jelaskan pengertian pesaing dan sebutkan tingkatan persaingan dalam sebuah usaha?” Kamu bisa menemukan jawabannya dalam artikel ini.

Pengertian Pesaing

Pengertian Pesaing Usaha

Pesaing adalah mereka yang mengejar sasaran pasar yang sama. Perusahaan harus terus membandingkan produk, harga, distribusi, promosi dengan pesaingnya. Dengan kata lain pesaing dapat didefinisikan sebagai orang atau pihak lain yang menjadi saingan atau tandingan dalam hal bisnis atau usaha misalnya dalam hal produksi, distribusi, promosi, harga, dan penjualan.

Tingkatan Persaingan Dalam Sebuah Usaha

Ada empat tingkat persaingan perusahaan dengan melihat hal-hal sebagai berikut.

1. Persaingan merk

Pesaing adalah perusahaan lain yang menawarkan produk atau jasa sejenis kepada pelanggan dan harga relatif sama. Misalnya Aqua dengan Ades, Aqua dengan Zam.

2. Persaingan industri

Pesaing adalah semua perusahaan yang membuat jenis produk yang sama. Misalnya Aqua dengan semua produsen air minum dalam kemaan (AMDK).

3. Persaingan bentuk

Pesaing adalah semua produk manufaktur perusahaan yang memberikan jasa yang sama. Misalnya Aqua dengan semua produk minuman alam kemasan dan minuman ringan seperti cocacola, teh, sari buah, dan sebagainya.

4. Persaingan umum

Pesaing adalah semua perusahaan yang bersaing untuk mendapat konsumen yang sama. Misalnya Perusahaan yang memproduksi barang konsumsi, peralatan dapur dan lain-lain.

Demikian penjelasan dari kami tentang pengertian pesaing dan tingkatan persaingan dalam sebuah usaha, semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar