Pengertian Dakron

Advertisement
Pengertian Dakron - Sebenarnya Dakron atau Dacron merupakan sebuah merk dagang dari serat tekstil yang dipegang oleh perusahaan DuPont dari Inggris. Nama asli dakron sendiri yaitu Polyethylene terephthalate yakni thermoplastic polymer resin dari keluarga polyester. apakah yang dimaksud dakron? Nah pada artikel kali ini kami akan berbagi kepada anda tentang apa itu dakron. Mungkin sebagian dari anda ada yang sudah tahu apa yang dimaksud dengan dakron? Jika masih ada yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dakron, maka di sini kami akan memberikan penjelasan tentang arti dakron atau definisi dakron. Selain itu di sini juga kami jelaskan tentang proses pembuatan dakron, sifat dakron, fungsi atau kegunaan dakron dan kelebihan dakron. Langsung saja berikut ini adalah penjelasannya, silahkan dibaca sampai selesai.
Pengertian Dakron

Pengertian Dakron

Dakron adalah polimer yang tersusun atas glikol dengan asam tereftalat dan terbentuk melalui polimerisasi kondensasi. Dakron banyak dimanfaatkan sebagai bahan sandang.

Dacron atau kalau di Indonesia dikenal dengan sebutan Dakron yaitu sebuah bahan sintetis yang banyak digunakan sebagai bahan untuk mengisi bantal dan boneka, selain itu juga sebagai serat untuk pakaian, untuk wadah pembungkus banda cair dan makanan dan lain-lain.

Dakron merupakan kopolimer yang terbuat dari etilena glikol serta dimetil terflalat. Polimernya disebut dengan terflalat. Pada bentuk aslinya, polimer ini bersifat amorf. Lalu dibuat benang dengan melelehkan serta memeras ke luar (ekstrusi) melalui pemintal. Benang tersebut lalu diregangkan hingga 4 kali panjang dari bentuk awalnya. Melalui pengolahan inilah molekul-mmolekul yang menyerupai rantai ini akan bersikap sejajar, sehingga didapat polimer kristalin.

Proses Pembuatan Dakron

Proses pembuatan dacron yaitu melalui sebuah reaksi esterifikasi. Esterifikasi adalah tahap pembentukan monomer. Proses ini berjalan langsung karena gugus karboksil (-COO-) dari asam terflalat bisa secara mudah bereaksi dengan etilen glikol jadi untuk reaksinya tidak membutuhkan katalis.

Pada proses esterifikasi menghasilkan sebuah produk sampingan yang berbentuk air yang bisa menghambat kesetimbangan reaksi, untuk air dihilangkan dari proses esterikasi. Ada juga selain air hasil sampingan yang perlu dihindari yaitu terbentuknya asetaldehida yang terbentuk akibat terdegradasi suhu yang tinggi akibatnya akan mempengaruhi sifat akhir polimer poliester yang terbentuk.
Pengertian Dakron
Pengertian Dakron

Sifat Dacron

Sifat bahan dakron yaitu mempunyai daya serap yang rendah, itu menunjukan kalau dakron bisa kering dengan cepat. Selain itu dakron terkenal dengan bahan yang kuat, lentur, tidak mudah rusak.

Fungsi Dakron

Fungsi atau kegunaan dakron yaitu sebagai bahan sandang, untuk mengisi bantal dan boneka, untuk kain, pita elektronik, serta bahan dasar film potret. Kain dakron banyak digunakan untuk layar, pakaian, jok, jaring serta kain pelapis.

Kelebihan Dakron

Kelebihan bahan dacron yaitu apabila bahan dakron di pres atau vukum hingga mengecil untuk dibungkus saat pengiriman barang, maka sesudah dilepas atau dibuka akan kembali mengembang seperti semula. Inilah kenapa bahan dacron sangat direkomendasikan sebagai bahan membuat bantal, boneka serta berbagai media yang mulanya berbahan dasar kapuk beralih ke dakron.

Dakron kuat dan lentur serta praktis. Jadi ketika bantal dan boneka yang berbahan dakron dipres atau divakum akan mengeluarkan angin yang terdapat di antara isi dakron. Proses inilah yang membuat bantal maupun boneka yang berbahan dakron mengecil, sehingga tidak akan memakan tempat pada saat pengiriman serta biaya pengirimanpun akan menjadi lebih murah.

Dakron mempunyai daya serap yang rendah, sehingga membuat dakron tidak menyerap air. Kelebihan ini yaitu sangat cocok dengan kebutuhan isi bantal dan boneka yang bisa dicuci serta dikeringkan secara cepat dan mudah.

Itulah sedikit yang bisa saya jelaskan mengenai pengertian dakron. Semoga penjelasan di blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru