Pengertian Energi Potensial Listrik

Advertisement
Pengertian energi potensial listrik – Mungkin diantara kamu ada yang pernah menjumpai pertanyaan “jelaskan yang dimaksud energi potensial listrik” dalam pelajaran Fisika di sekolah? Jika pernah bisakah kamu menjawab tentang apa yang dimaksud energi potensial listrik itu? Jika kamu sudah lupa tentang apa itu energi potensial listrik. Maka dalam kesempatan ini kami akan membahas tentang definisi energi potensial listrik. Selain memahas tentang arti energi potensial listrik di sini kami juga akan membahas tentang rumus energi potensial listrik. Oke silahkan simak penjelasan tentang pengertian energi potensial listrik dan rumusnya.

Pengertian Energi Potensial Listrik

Energi potensial listrik  yaitu energi potensial (yang diukur dalam joule) yang dihasilkan dari gaya-gaya coulomb konservatif dan diasosiasikan dengan konfigurasi sejumlah muatan-muatan titik dalam sebuah sistem yang didefinisikan.

Energi potensial listrik merupakan besaran skalar. Energi Potensial Listrik adalah suatu usaha yang dilakukan gaya Coulomb, untuk memindahkan muatan uji  +q’ dari suatu titik ke titik yang lainnya. Besarnya energi potensial sebanding dengan usaha yang dilakukan oleh gaya Coloumb untuk memindahkan muatan uji +q’ dari suatu titik ke titik lainnya.
Pengertian Energi potensial listrik

Rumus Energi Potensial Listrik

Energi potensial listrik, itu konsepnya mirip dengan energi potensial garavitasi. Karena itulah kita akan menurunkan rumus Energi Potensial Listrik sebagai berikut ini:
Pengertian Energi potensial listrik

Usaha yang dilakukan oleh gaya (Fw), untuk memindahkan muatan penguji +q’, dari titik P ke Titik Q yaitu W = - Fw . S = -Fw.Δr = -F.(r2-r1)

W  merupakan besaran skalar, gaya F diberi tanda (-) negatif itu dikarenakan gaya Coulomb arahnya berlawanan dengan arah perpindahah Fw=Fq = gaya Coulomb.

W = -k.Q q’/r1  2 x (r2 - r1) = – kQ.q’/r1.r2 (r2 - r1)
W = -k Q.q' (1/r1 - 1/r2) = k Q.q' (1/r2 - 1/r1)
W = k Q.q' (1/r2 - 1/r1) = Δ EP = EP2 - EP1
Maka usaha yang dilakukan W= pertambahan energi potensial.

Apabila titik Q, berada di jauh tidak terhingga, maka r2 = ˜ dan 1/r2 = 0 maka Energi Potensial Listrik bisa dirumuskan sebagai berikut ini.

Energi Potensial Listrik dari dua muatan Q dan q’ adalah:
Pengertian Energi potensial listrik

Ep = k Q.q’/r

Keterangan
EP termasuk besaran skalar
Ep= Energi Potensial Listrik satuannya Joule
k= Konstanta = 9.109 N C-2 m2
r= Jarak (m)
Q= Muatan sumber
q’= Muatan uji (Coulomb)

Untuk menambah pengetahuan kalian silahkan baca juga artikel tentang: Pengertian energi potensial dan pengertian energi listrik.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa pengertian energi potensial listrik. Semga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru