Pengertian Hukum Gauss

Pengertian hukum gauss - Hukum gauss dirumuskan oleh seorang matematikawan sepanjang masa yang bernama Carl Fredrich (1777-1855). Tahukah kamu apa itu hukum gauss? Biasanya hukum gauss kita pelajari di sekolah dalam pelajaran Fisika. Tentunya diantara kamu ada yang tahu apa yang dimaksud hukum gauss, namun ada juga yang belum tahu definisi hukum gauss. Mungkin karena kurang memahaminya, atau bisa juga belum dapat materi tersebut. Untuk itulah pada kesemmpatan kli ini kami akan membahas pengertian hukum gauss dan rumusnya. Silahkan disimak penjelasannya sampai selesai berikut ini.
Pengertian Hukum Gauss

Pengertian Hukum Gauss

Hukum Gauss adalah hukum yang menyatakan bahwa jumlah garis medan yang melalui sebuah permukaan sebanding dengan jumlah muatan yang ada di permukaan tersebut. Hukum Gauss menghubungkan antara medan listrik pada permukaan tertutup dengan muatan total di dalam permukaan tersebut.

Hukum gauss yaitu hukum yang digunakan untuk menentukan besarnya sebuah fluks listrik melalui sebuah bidang. Hukum gauss menyebutkan bahwa besar fluks listrik yang melewati sebuah bidang akan berbanding lurus dengan (kuat medan listrik yang menembus bidang, area bidang dan cosiunus sudut yang dibeentuk fluks listrik terhadap garis normal).

Bunyi Hukum Gauss yaitu: “Bahwa fluks listrik total yang melalui sembarang permukaan tertutup (sebuah permukaan yang mencakup volume tertentu) sebanding dengan muatan listrik (netto) total di dalam permukaan itu”.

Hukum Gauss umumnya dipakai untuk menghitung medan listrik yang dihasilkan dari muatan yang bergerak sangat cepat dan muatan yang dipercepat. Hukum Gauss bisa dipergunakan untuk menghitung medan listrik dari sistem yang memiliki kesimetrian yang tinggi (misal simetri silinder, bola ataupun kotak). Dalam menggunakan hukum gauss kita perlu memilih suatu permmukaan khayal yang tertutup (permukaan gauss). Bentuk dari permukaan tertutup tersebut bisa sembarang.

Hukum Gauss itu didasarkan pada konsep garis-garis medan listrik yang memiliki arah atau anak panah seperti dalam gambar berikut ini.
Pengertian Hukum Gauss

Fluks Listrik
Fulks berhubungan dengan besaran medan yang menembus pada arah yang tetak lurus sebuah permukaan tertentu. Fulks listrik menyatakan bahwa medan listrik yang menembus dalam arah tegak lurus sebuah permukaan. Akan lebih mudah ilustrasinya menggunakan deskripsi visual untuk medan listrik (yakni penggambaran mendan listrik sebagai garis-garis). Melalui penggambaran medan tersebut (garis), maka fluks listrik bisa digambarkan sebagai banyaknya “garis” medan yang menembus sebuah permukaan. Lihatlah gambar berikut ini:
Pengertian Hukum Gauss

Berikut ini adalah Rumus Fluks listrik:
Pengertian Hukum Gauss

Jika garis-garis medan listrik yang menembus sebuah bidang mempunyai sudut, maka rumus fluks listrinya yaitu sebagai berikut ini.
Pengertian Hukum Gauss

Rumus Hukum Gauss

Seperti apa rumus Hukum Gauss beserta keterangannya. Mari kita bahas rumus Hukum Gauss dan keterangan berikut ini.
Pengertian Hukum Gauss

Penggunaan Hukum Gauss
Jelaskan penggunaan hukum gauss? Jika kita hendak melakukan penerapan hukum gauss untuk menentukan kuat medan listrik disekitar sebuah distribusi muatan, maka kita perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut ini.
  • Simetri apa yang dimiliki sistem ini, dari sinilah didapat gambaran kualitatif mengenai medan tersebut.
  • Pilih suatu permukaan (khayal) yang akan kita sebut dengan permukaan Gauss sesuai dengan bentuk simetri di atas, mmelalui titik yang akan ditentukan kuat medannya tersebut.
  • Pemilihan permukaan Gauss secara tepat bisa menghasilkan E yang sama besar serta tegak lurus pada sebagian ataupun seluruh permukaan tertutup tersebut dan nol pada permukaan lain.

Hukum Gauss pada permukaan tertutup

Hukum Gauss pada permukaan bola
Pengertian Hukum Gauss

Pengertian Hukum Gauss

Hukum Gauss di sekitar bidang permukaan
Pengertian Hukum Gauss

Pengertian Hukum Gauss

Hukum Gauss di sekitar kawat bermuatan merata
Pengertian Hukum Gauss

Pengertian Hukum Gauss

Hukum Gauss pada bola bermuatan
Pengertian Hukum Gauss

Rumus bola isolator bermuatan merata dengan rapat muatan adalah sebagai berikut:
Pengertian Hukum Gauss

Di dalam bola didapat persamaan sebagai berikut:
Pengertian Hukum Gauss

Di luar bola didapat persamaan sebagai berikut:
Pengertian Hukum Gauss

Hukum Gauss Pada Bidang Bermuatan
Pengertian Hukum Gauss

Pengertian Hukum Gauss

Sekarang anda sudah mengerti kan pengertian Hukum Gauss itu seperti apa. Semoga penjelasan di blog temukan pengertian ini bisa membantu ya.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru