Pengertian Hukum Coulomb

Pengertian Hukum Coulomb - Hukum Coulomb ditemukan oleh seorang ahli fisika bernama Charles Agustin de Coulomb yang berasal dari Perancis. Di sekolah dalam pelajaran fisika kita tentunya pernah mendapatkan soal seperti ini “apa yang kamu ketahui tentang hukum coulomb”. Mungkin kamu ada yang tahu dan bisa menjawab tentang apa itu hukum coulomb, namun ada juga yang lupa atau malah belum tahu apa yang dimaksud hukum coulomb itu. Sehingga kamu tidak bisa menjawab tentang apa yg dimaksud hukum coulomb. Maka dari itulah dalam artikel ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan hukum coulomb.  Selain menjelaskan tentang definisi hukum coulomb atau arti hukum coulomb di sini kami juga akan memberikan bunyi hukum coulomb, rumus hukum coulomb dan contoh hukum coulomb.
Pengertian Hukum Coulomb

Pengertian Hukum Coulomb

Hukum Coulomb adalah hukum yang menyatakan bahwa gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan listrik berbanding lurus dengan besar masing-masing muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan. Pada dasarnya hukum coulomb menyatakan bahwa interaksi muatan listrik yang sejenis akan tolak-menolak, sedangkan untuk muatan yang berbeda jenis akan tarik-menarik.

Bunyi Hukum Coulomb

Bunyi dari hukum coulomb adalah sebagai berikut ini.

Misal, terdapat 2 muatan q1 dan q2, berada pada jarak r satu sama lain pada ruang hampa udara. Apabila q1 dan q2 mempunyai muatan yang sama, maka kedua muatan tersebut akan saling tolak menolak. Apabila keduanya mempunyai muatan yang berbeda, maka kedua muatan tersebut akan saling tarik-menarik. Perhatikan gamber berikut ini.

Rumus Hukum Coulomb

Rumus hukum Coulomb dan penjelasannya adalah sebagai berikut ini.

Contoh Hukum Coulomb

Agar lebih memahami tentang hukum coulomb berikut ini kami berikan contoh soal hukum coulomb dan penjelasannya.

2 buah titik A dan B dengan jarak 3 meter, tiap-tiap titik bermuatan listrik +4 x10-4 C dan -1 x10-4 C. Titik C berada di antara titik A dan B, dengan jarak 2 meter dari titik A dengan muatan listrik +3 x10-5 C. Hitunglah besar gaya elektrostatis dari C?

Diketahui:
qA = +4 x10-4 C
qB = -2 x10-4 C
qC = +3 x10-5 C
r =  3 m

Ditanya: Fc ?

Jawab:

Penjelasan: Muatan qC ditolak muatan qA ke kanan dikarenakan kedua muatan sejenis namun ditarik ke kanan oleh muatan qB dikarenakan berbeda jenis. (perlu diketahui arah muatan keluar itu dari + dan masuk ke -). Sehingga gaya elektrostatis FC adalah sebagai berikut ini.

FC = FA + FB

Besar gaya Coulumb pada titik C yaitu 54 N ke arah kanan.

Demikian cukup singkat yang bisa saya jelaskan tentang pengertian Hukum Coulomb.Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bisa membantu anda.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru