Pengertian Reaksi Polimerisasi Kondensasi

Advertisement
Pengertian reaksi polimerisasi kondensasi - Reaksi polimerisasi itu dibedakan menjadi 2 yakni reaksi polimerisasi adisi dan reaksi polimerisasi kondensasi. Dalam artikel sebelumnya kami telah membahas pengertian reaksi polimerisasi adisi. Sedangkan pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang artikel reaksi polimerisasi kondensasi. Materi tentang reaksi polimerisasi kondensasi biasanya diajarkan di sekolah dalam pelajaran kimia. Masih ingatkah kamu apa yg dimaksud reaksi polimerisasi kondensasi? Jika kamu sudah lupa atau masih belum paham atau mungkin belum pernah mendapatkan materi tersebut. Maka di sini kamu bisa menyimak penjelasan tentang reaksi polimerisasi kondensasi. Dalam penjelasan ini juga kami sertakan contoh reaksi polimerisasi kondensasi.
Pengertian Reaksi Polimerisasi Kondensasi

Pengertian Reaksi Polimerisasi Kondensasi

Reaksi Polimer kondensasi adalah terjadinya reaksi antara gugus fungsi pada monomer yang sama atau monomer yang berbeda. Dalam polimerisasi kondensasi kadang-kadang disertai dengan terbentuknya molekul kecil seperti H2O, NH3, atau HCl.

Di dalam reaksi polimerisasi kondensasi, monomer-monomer bereaksi secara adisi untuk membentuk rantai. Namun demikian, setiap ikatan baru yang dibentuk akan bersamaan dengan dihasilkannya suatu molekul kecil (biasanya air) dari atom-atom monomer. Pada reaksi semacam ini, tiap monomer harus mempunyai dua gugus fungsional sehingga dapat menambahkan pada tiap ujung ke unit lainnya dari rantai tersebut.

Dalam polimerisasi kondensasi, suatu atom hidrogen dari satu ujung monomer bergabung dengan gugus –OH dari ujung monomer yang lainnya untuk membentuk air.

Contoh Reaksi Polimerisasi Kondensasi

Kondensasi terhadap dua monomer yang berbeda yaitu 1,6-diamino heksana dan asam adipat yang umum digunakan untuk membuat jenis nilon. Nilon diberi nama menurut jumlah atom karbon pada setiap unit monomer.

Contoh lain dari reaksi polimerisasi kondensasi adalah bakelit yang bersifat keras dan dakron, yang digunakan sebagai serat pakaian dan karpet, pendukung pada tape audio dan tape video, serta kantong plastik.

Demikian apa yang dapat kami tuliskan tentang pengertian reaksi polimerisasi kondensasi. Semoga artikel yang telah kami tulis pada blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru