Pengertian Medan Listrik

Advertisement
Pengertian medan listrik - Dalam mata pelajaran fisika atau elektro di sekolah tentunya kita sering mendapati pertanyaan apakah medan listrik itu?. Nah diantara kamu mungkin ada yang bisa menjawab apa itu medan listrik, namun ada juga yang tidak bisa menjawab tentang apa yang dimaksud medan listrik itu. Bagi kamu yang tidak bia menjawab mungkin dikarenakan kurang memahami apa yang dimaksud dengan medan listrik, atau bisa juga lupa tentang definisi medan listrik. Mungkin juga karena malah belum dapat tentang materi arti medan listrik. Untuk itulah di sini kami akan membahas secara singkat padat dan jelas agar kamu mudah memahami tentang medan listrik. Selain itu di sini juga akan kami jelaskan tentang sifat-sifat medan listrik dan rumus medan listrik. Berikut ini penjelasannya silahkan kamu pahami dengan baik.
Pengertian Medan Listrik

Pengertian Medan Listrik

Medan listrik yaitu efek yang ditimbulkan oleh adanya muatan listrik, seperti elektron, proton atau ion dalam ruangan yang berada di sekelilingnya. Medan listrik mempunyai satuan Netwon/coloumb atau disingkat N/C. Umumnya medan listrik dipelajari dalam bidang fisika serta bidang-bidang terkait seperti pada bidang elektronika yang memanfaatkan medan listrik ini dalam kabel atau kawat konduktor. 

Medan Listrik adalah daerah/ ruang di sekitar muatan listrik yang masih dipergunakan oleh gaya listrik. Arah medan listrik yaitu menjauhi sumber positif dan mendekati sumber negatif. Medan listrik dapat digambarkan dengan garis-garis  khayal yang dinamakan garis-garis gaya listrik.

Sifat Sifat Medan Listrik

Sebutkan sifat sifat medan listrik? Berikut ini adalah sifat sifat garis medan listrik

  • Garis-garis gaya listrik tidak pernah berpotongan.
  • Garis-garis gaya listrik selalu mengarah radial keluar dari muatan positif dan masuk menuju muatan negatif.
  • Semakin rapat garis-garis gaya listrik pada suatu tempat, maka medan listrik pada tempat tersebut semakin kuat dan sebaliknya.

Rumus Medan Listrik

Rumus matematika medan listrik bisa diturunkan melalui Hukum Coulomb yakni gaya antara 2 titik muatan:

Berdasarkan persamaan tersebut, gaya pada salah satu titik muatan berbanding lurus dengan besar muatannya. Medan listrik didefinisikan sebagai suatu konstan perbandingan antara muatan dengan gaya.

Sehingga, medan listrik itu bergantung pada posisinya. Suatu medan, adalah sebuah vektor yang bergantung apda vektor yang lain. Medan listrik bisa dianggap sebagai gradien dari potensial listrik. Apabila beberapa muatan yang disebarkan menghasilkan potensial listrik, maka gradien potensial listrik bisa ditentukan.

Itulah penjelasan singkat dari kami tentang pengertian medan listrik. Semoga penjelasan di blog temukan pengertian ini bisa dipahami dengan baik.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru