Pengertian Reaksi kimia

Pengertian Reaksi kimiaReaksi kimia adalah/ Reaksi kimia yaitu/ Reaksi kimia merupakan/ yang dimaksud Reaksi kimia/ arti Reaksi kimia/ definisi Reaksi kimia.
Reaksi kimia yaitu

Reaksi kimia atau Perubahan kimia adalah perubahan materi yang disertai terjadinya zat baru. Perubahan kimia bersifat tetap yang berarti zat baru tidak bisa kembali menjadi zat semula.
Ciri atau petunjuk telah berlangsungnya reaksi kimia adalah sebagai beriut:
a. Terjadinya perubahan warna, contohnya, larutan kalium kromat yang berwarna kuning akan menjadi jingga jika ditetesi dengan larutan asam sulfat.
b. Terjadinya perubahan suhu. Contohnya, reaksi antara kapur tohor dengan air akan menyebabkan kenaikan suhu, sedangkan reaksi antara urea dengan air akan menyebabkan penurunan suhu.
c. Terbentuknya endapan. Contohnya, larutan perak nitrat dengan larutan natrium klorida dakan membentuk endpaan putih.
d. Terbentuknya gas. Contohnya, pualam dengan larutan asam klorida akan menghasilkan gas karbon dioksida, ditandai dengan keruhnya air kapur jika gas yang dihasilkan disalurkan ke dalam air kapur.
Contoh-contoh reaksi kimia/ perubahan kimia sebagai berikut:
1. Perubahan kimia karena pembakaran, contohnya kertas terbakar, petasan yang meledak, dan pita magnesium yang dibakar hingga berpijar.
2. Perubahan kimia karena peragian, contohnya singkong menjadi tapai, kedelai menjadi kecap dan tempe/ tahu, susu menjadi keju, dan tepung menjadi roti.
3. Perubahan kimia karena hal lain, Contohnya besi yang berkarat, kayu yang melapuk, dan proses fotosintesis.
Pemanfaatan perubahan kimia.
Proses-proses yang terjadi dalam industri, umumnya memanfaatkan proses-proses kimia. Beberapa diantaranya, proses peragian, pembuatan obat-obatan dari bahan-bahan tradisional, industry tekstil, cat, pupuk dan pestisida, sabun dan detergen, serta banyak lagi yang lainnya.
Demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian Reaksi kimia semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait