Pengertian Polimer Sintetis

Advertisement
Pengertian polimer sintetis - Dalam artikel sebelumnya kami telah membahas tentang pengertian polimer alam. Nah untuk kali ini kami akan membahas tentang pengertian dari polimer sintetis. Tahukah kamu apa itu polimer sintetis? Materi tentang apa yang dimaksud dengan polimer sintetis tentunya pernah kamu dapatkan dalam pelajaran kimia di sekolah. Jika kamu sudah lupa atau di sekolah kamu tidak ada pelajaran kimia, dan kamu sedang mencari informasi tentang apa yang dimaksud polimer sintetis, maka kamu bisa menemukan jawaban definisi polimer sintetis di sini. Selain membahas tentang arti polimer sintetis, di sini juga kami berikan beberapa contoh polimer sintetis. Berikut ini adalah pengertian polimer sintetis dan contohnya.
Pengertian Polimer Sintetis

Pengertian Polimer Sintetis

Polimer sinteris adalah polimer yang tidak terdapat dialam dan halus dibuat oleh manusia terlebih dahulu. Atau Polimer sintetis ialah polimer yang disintesis dari monomer-monomernya dalam reaktor. Polimer ini kebanyakan digunakan untuk berbagai macamm keperluan baik dalam rumah tangga, industri ataupun untuk mainan anak-anak.

Polimer sintetis yaitu polimer buatan, polimer ini dibuat oleh manusia meliputi semua jenis plastik, karet sintetis, dan serat sintetis. Sebagian besar polimer sintetis dibuat melalui polimerisasi adisi. Namun, ada juga yang terbuat dari polimerisasi kondensasi. Neoprena merupakan contoh polimer sintetis yang dibuat dari reaksi polimerisasi adisi 2-kloro-1, 3 butadiena. Adapun polimer sintetis yang dibuat melalui reaksi polimerisasi kondensasi umumnya berupa serat sintetis, misalnya nilon dan dakron. Polimer sintetis merupakan hasil sintesis senyawa-senyawa organik di mana molekul-molekul yang berupa monomer bergabung membentuk rantai panjang melalui ikatan kovalen.

Contoh Polimer Sintetis

Contoh polimer sintetis adalah polietena, PVC, polipropena, teflon, polibutadiena, nilon, dakron, dan polivinil alkohol.

Contohnya:
Pengertian Polimer Sintetis

Dalam contoh di atas monomer-monomer etena bereaksi polimerisasi membentuk polietena.

Berikut ini adalah tabel beberapa contoh polimer sintetis:
Polimer
Monomer
Polimerisasi
Terdapat pada
Polietena
Etena
Adisi
Plastik, kabel, kantung
PVC
Vinil klorida
Adisi
Kabel listrik, pelapis lantai, pipa pralon
Polipropena
Propena
Adisi
Botol plastik, karung, tali
Teflon
Tetrafluro etena
Adisi
Panci anti lengket, wajan
Polibutadiena
Butadiena
Adisi
Ban mobil, motor
Nilon
Asam adipat dan heksametilen diamin
Kondensasi
Tekstil
Dakron
Metal terftalat dan etilen glikol
Kondensasi
Wol sintetis, tekstil, kain, pita rekam magnetik
Polivinil alkohol
Vinil alkohol
Adisi
Bak air

Demikian penjelasan singkat dari tentang Pengertian polimer sintetis. Semoga penjelasan yang kami berikan dalam blog temukan pengertian ini bisa dipahami.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru