Pengertian Polimer Termoplastik

Pengertian polimer termoplastik - Berdasarkan sifatnya tahan terhadap panas, polier dibedakan menjadi 3 macam yaitu polimer termoseting, polimer termoplastik dan elastomer. Pada artikel sebelumnya kami telah membahas pengertian polimer termoseting. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang polimer termoplas atau polimer termoplastik. Tahukah kamu apa itu polimer termoplastik? Tentang apa yang dimaksud dengan polimer termoplastik tentunya pernah kalian dapatkan di sekolah dalam pelajaran kimia. Namun jika kamu belum pernah mendapatkan materi tentang apa yang dimaksud polimer termoplastik di sekolah, atau sudah dapat tapi lupa maka kamu bisa menyimak penjelasan arti polimer termoplastik di sini. Dalam penjelasan ini kami tidak hanya menjelaskan tentang definisi polimer termoplastik saja tetapi juga sifat sifat polimer termoplastik dan contoh polimer termoplastik. Berikut ini penjelasan tentang pengertian polimer termoplastik dan contohnya beserta sifat-sifatnya.
Pengertian Polimer Termoplastik

Pengertian Polimer Termoplastik

Polimer termoplastik addalah polimer yang bisa dipanaskan berulang-ulang karena polimer termoplastik melunak jika dipanaskan dan akan mengeras jika didinginkan, sehingga jika pecah bisa disambung kembali dengan cara pemanasan ataupun dicetak ulang melalui pemanasan. Polimer termoplas terdiri dari molekul-molekul rantai lurus atau bercabang serta tidak terapat ikatan silang antarrantai seperti yang terdapat pada polimer termoseting.

Atau pengertian polimer termoplastik yaitu polimer yang memiliki sifat tidak tahan terhadap panas. Apabila polimer termoplastik dipanaskan, maka bisa menjadi lunak dan apabila didinginkan menjadi mengeras. Proses tersebut bisa terjadi secara berulang kali, sehingga bisa dibentuk ulang dalam bermacam-macam bentuk lewat cetakan yang berbeda untuk memperoleh produk polimer yang baru.

Jenis polimer yang termasuk dalam polimer teroplstik adalah jenis polimer plastik. Jenis plastik ini tidak mempunyai ikatan silang antar rantai polimernya, tetapi dengan struktur molekul bercabang atau linear.

Sifat Polimer Termoplastik

Berikut ini adalah sifat sifat polimer termoplastik:
  • Tidak tahan terhadap panas.
  • Berat molekul kecil.
  • Apabila dipanaskan maka akan melunak.
  • Apabila didinginkan maka akan mengeras.
  • Fleksibel.
  • Mudah diregangkan.
  • Bisa didaur ulang (dibentuk ulang).
  • Mempunyai titik leleh yang rendah.
  • Mempunyai struktur molekul bercabang/ linear.
  • Mudah larut dalam pelarut yang sesuai.

Contoh Polimer Termoplastik

Untuk lebih memahami kita perlu tahu contoh dari polimer termoplastik. Berikut ini adalah contoh polimer yang bersifat termoplastik. Contohnya polietena, PVC, polipropena, dan polistirena.
  • Polietilena (PE) = jas hujan, kantong plastik, isolasi kawat dan kabel, pipa saluran, drum, ember, bahan cetakan, mainan dan botol plastik.
  • Polivinilklorida (PVC) = botol detergen, sarung tangan, sol sepatu, bungkus makanan, piringan hitam, ubin plastik, kulit sintetis, pipa kabel listrik, pipa plastik, dan pipa air.
  • Polipropena (PP) = permadani, pembungkus tekstil, komponen mesin cuci, alat-alat rumah sakit, kursi plastik, insulator, bak air, serat, botol minuman, tali, dan karung.
  • Polistirena= gantungan baju, penggaris, sol sepatu dan insulator.

Itulah penjelasan tentang pengertian polimer termoplastik. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah wawasan kita.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru