Pengertian Reaksi Polimerisasi Adisi

Pengertian reaksi polimerisasi adisi - Reaksi polimerisasi itu dikelompokan menjadi 2 yaitu reaksi polimerisasi adisi dan reaksi polimerisasi kondensasi. apakah yang dimaksud reaksi polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi itu? Dalam artikel ini kami akan mengulas tentang reaksi polimerisasi adisi, sedangkan untuk reaksi polimerisasi kondensasi akan kami ulas dalam artikel berikutnya. Mungkin diantara kamu ada yang sudah tahu arti reaksi polimerisasi adisi, karena materi tersebut tentunya pernah diajarkan dalam pelajaran kimia di sekolah. Namun bagi yang sudah lupa atau belum dapat materinya, silahkan di siak penjelasan tentang reaksi polimerisasi adisi sebagai berikut ini.
Pengertian Reaksi Polimerisasi Adisi

Pengertian Reaksi Polimerisasi Adisi

Reaksi pembentukan teflon dari monomer-monomernya tetrafluoro etilena, disebut reaksi polimer adisi. Monomer etilena mengalami reaksi adisi membentuk potietilena yang digunakan sebagai tas plastik, pembungkus makanan, dan botol. Pasangan elektron ekstra dari ikatan rangkap dua pada tiap monomer etilena digunakan untuk membentuk suatu ikatan baru menjadi monomer yang lain.

Tahapan Reaksi Polimerisasi Adisi

Dalam reaksi polimerisasi adisi, umumnya melibatkan reaksi rantai. Mekanisme polimerisasi adisi dapat dibagi menjadi 3 (tiga) tahap yaitu:
  • Tahap inisiasi, yaitu tahap pembentukan pusat-pusat aktif.
  • Tahap propagasi, yaitu tahap pembentukan rantai lewat adisi monomer secara kontinu.
  • Tahap terminasi, yaitu tahap deaktivasi pusat aktif.

Demikianlah yang bisa kami jelaskan tentang pengertian reaksi polimerisasi adisi. Semoga bisa dipahami dengan baik apa yang kami sampaikan di blog temukan pengertian ini.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru