Pengertian Polimetil pentena

Dalam pelajaran kimia kita tentunya pernah menemui sebuah pertanyaan apa itu polimetil pentena. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan polimetil pentena? Mungkin diantara kamu ada yang sudah tahu, ada juga yang belum tahu. Untuk itulah bagi kamu yang belum tahu tentang apa yang diaksud polimetil pentena, maka di sini kami akan menjelaskan tentang definisi polimetil pentena. Nah dalam penjelasan ini kami tidak hanya menjelaskan tentang arti polimetil pentena saja tetapi juga kami jelaskan tentang sifat polimetil pentena, produksi polimetil pentena dan Kegunaan polimetil pentena. Oke langsung saja berikut ini penjelasannya, silahkan dibaca sampai akhir dan dipahami ya.
Pengertian Polimetil pentena

Pengertian Polimetil Pentena

Polimetil pentena atau disingkat PMP atau juga dikenal dengan Poli(4-metil-1-pentena) yaitu suatu polimer termoplastik dari 4-metil-1-pentena. Biasanya polimer ini dipergunakan untuk pengemas permeabel gas, peralatan medis dan juga laboratorium yang bisa dimasukkan dalam autoklaf, peralatan masak, dan microwave. Senyawa ini sering disebut dengan TPX yang termasuk merek dagang Mitsui Chemicals.


Polimetil pentena adalah plastik yang ringan dan melebur pada suhu 240 derajat selsius. Barang yang dibuat dari polimetil pentena bentuknya tidak berubah jika dipanaskan sampai 200 derajat selsius dan daya tahannya terhadap benturan lebih tinggi dari barang yang dibuat dari polistirena.

Bahan polimetil pentena tahan terhadap zat-zat kimia yang korosif dan tahan terhadap pelarut organik, kecuali pelarut organik yang mengandung klor, misalnya kloroform dan karbon tetraklorida. Polimetil pentena cocok untuk membuat alat-alat laboratorium dan kedokteran yang tahan panas dan tekanan, tanpa mengalami perubahan. Barang-barang dari bahan Polimetil pentena mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Sifat Polimetil Pentena

Polietil pentena bisa meleleh jika berada pada suhu ˜ 235 derajat Celcius. Senyawa ini mempunyai kerapatan yang rendah yaitu (0.84 g/cm3) serta sifatnya transparan. Senyawa ini mempunyai penyerapan yang rendah, selain itu mepunyai sifat akustik serta elektrik yang luar biasa. Sifat polimetil pentena cukup mirip dengan poliolefin yang lain, walaupun lebih rapuh serta banyak permeabel terhadap gas. Polimer ini juga mempunyai ketahanan kimia yang tinggi, karakteristik dielektrik yang sangat baik, serta stabilitas termal yang tinggi. Fase kristalnnya mempunyai kerapatan yang lebih rendah dibanding dengan fase amorf.

Jika dibandingkan dengan bahan yang lain yang dipakai untuk beroperasi pada kisaran THz, maka TPK menunjukkan sifat optik yang begitu baik dengan panjang gelombang independen indeks bias: 1.460±0.005 antara cahaya tampak serta 100~GHz.

Produksi Polimetil Pentena

Polimetil pentena merupakan sebuah poliolefin linear isotaktik berbasis 4-metil-1-pentena serta dibuat dengan cara katalisis jenis Ziegler Natta. Secara komersial grade yang tersedia biasanya yaitu kopolimer. Polimer ini dapat diekstrusi serta dicetak dengan cara blow molding atau injection molding).

Kegunaan Polimetil Pentena

Berikut ini adalah beberapa kegunaan atau manfaat polimetil pentena:
  • Penggunaan meliputi corong pengeras suara, penutup sonar, kepala transduser ultrasonik, serta bagian struktur yang ringan. Senyawa ini juga sesuai dengan FDA untuk dipakai dalam mesin pengolahan mmakanan. Polimetil pentena juga sering dipakai dalam film dan pelapis untuk kemasan permeabel gas.
  • Polimer ini juga sering dipakai dalam komponen listrik seperti cetkan LED sebab merupakan isolator listrik yang begitu bagus.
  • Karena stabilitas suhu yang baik dan tingginya titik leleh, polimetil pentena dipakai untuk peralatan laboratorium dan peralatan medis yang bisa dimasukkan dalam autoklaf, peralatan masak dan komponen microwave.
  • TPX merupakan sebuah material keras serta padat yang secara mekanis bisa dibentuk menjadi bermmacam-macam komponen optik seperti jendela dan lensa. Secara khusus TPX juga dipakai untuk laser molekuler yang memompa laser CO2 sebagai jendela output dikarenakan transparan pada semua rentang terahertz serta benar-benar menekan radiasi pompa sampai ~10 ┬Ám. 

Demikianlah penjelasan yang bisa kami berikan tentang Pengertian Polimetil pentena. Semoga penjelasan dari blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru