Pengertian Katalis

Pengertian KatalisKatalis adalah/ Katalis yaitu/ Katalis merupakan/ yang dimaksud Katalis/ arti Katalis/ definisi Katalis.
Pengertian Katalis

Katalis atau katalisator adalah zat yang ditambahkan ke dalam suatu reaksi dengan maksud memperbesar laju reaksi. Katalis terkadang ikut terlibat dalam reaksi, tetapi tidak mengalami perubahan kimiawi yang permanen. Dengan kata lain, pada akhir reaksi katalis akan dijumpai kembali dalam bentuk dan jumlah yang sama seperti sebelum reaksi. Katalis dapat bekerja dengan membentuk senyawa antara atau mengabsorpsi zat yang direaksikan.
Fungsi katalis adalah memperbesar laju reaksinya (mempercepat reaksi) dengan jalan memperkecil energi pengaktifan suatu reaksi dan dibentuknya tahap-tahap reaksi yang baru. Dengan menurunnya energi pengaktifan, maka pada suhu yang sama reaksi dapat berlangsung lebih cepat.
Terdapat dua macam katalis yaitu katalis positif (katalisator yang berfungsi mempercepat reaksi, dan katalis negatif (inhibator) yang berfungsi memperlambat laju reaksi. Katalis positif berperan menurunkan energi pengaktifan, dan membuat orientasi molekul sesuai untuk terjadinya tumbukan.

Artikel Terkait