Pengertian Kapasitor

Advertisement
Pengertian Kapasitor - Pada saat kita memutuskan untuk menjadi seorang teknisi elektronika, maka kita harus mempelajari dan mengenal berbagai macam kompenen elektronika. Terdapat berbagai macam kompenen elektronika diantaranya yaitu kapasitor, transistor, resistor, transformator, dan masih banyak yang lainnya. Nah untuk pembahasan kali ini kami akan menerangkan tentang apa yang dimaksud kapasitor. Tahukah kmu apa itu kapasitor? Seperti apa definisi kapasitor atau arti kapasitor? Jika kalian belum tahu, maka di sini kalian bisa menyimak penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan kapasitor. Selain menjelaskan tentang pengertian dari kapasitor juga akan kami tambahi dengan penjelasan tentang fungsi kapasitor, jenis jenis kapasitor serta rumus kapasitor. Dengan penambahan penjelasan jenis jenis kapasitor beserta fungsinya dan rumusnya maka diharapkan akan bisa lebih mudah untuk dipahami.
Pengertian Kapasitor

Pengertian Kapasitor

Kapasitor adalah peralatan listrik/ komponen elektronika yang digunakan untuk menyimpan energi listrik dalam waktu yang sangat singkat untuk dibebaskan kembali dengan cepat. Dalam bentuk sederhana, sebuah kapasitor terdiri dari dua keping logam yang dipisahkan oleh lapisan nonkonduktor yang disebut elektrik. Kemampuan kapasitor dalam menyimpan energi disebut kapasitas/ kapasitansi yang dinyatakan delam farad (F).

Kapasitor (Capacitor=C) atau yang dikenal dengan kondensator (Condensator) merupakan sebuah komponen Elektronika Pasif yang dapat menyimpan muatan listrik dalam waktu sementara dengan satuan kapasitansinya yaitu Farad. Satuan kapasitor tersebut diambil dari nama sang penemunya yakni Michael Faraday (1791 – 1867) dari Inggris. Tetapi Farad merupakan satuan yang sangat besar, karena itulah biasanya kapasitor yang dipakai dalam peralatan Elektronika merupakan satuan Farad yang diperkecil menjadi:
  • PikoFarad (pF) = 1x10-2 F
  • NanoFarad (nF) = 1x10-9 F
  • MicroFarad (µF) = 1x10-6 F

Untuk konversi satuan farad yaitu sebagai berikut ini:
  • 1 Farad = 1.000.000 µF (mikro Farad)
  • 1 µF = 1.000 nF (nano Farad)
  • 1 µF =  1.000.000 pF (piko Farad)
  • 1 nF = 1.000 pF (piko Farad)

Kapasitor sendiri merupakan komponen elektronika yang terdiri atas 2 pelat konduktor yang biasanya terbuat dari logam dan isolator yang diantaranya sebagai pemisah.

Fungsi Kapasitor

Terdapat beberapa fungsi dari kapasitor. Fungsi kapasitor adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk menyimpan sebuah tegangan atau arus listrik.
  • Sebagai isolator yang dapt menghambat arus DC (Direct Current).
  • Sebagai konduktor yang dapat melewatkan arus AC (Alternating Current).
  • Untuk pembangkit frekuensi dalam rangkaian osilator.
  • Sebagai penyaring (filter) dalam rangkaian power supply (Catu Daya).
  • Sebagai pemilih gelombang frekuensi.
  • Untuk penggeser fasa.
  • Sebagai kopling.

Jenis-jenis Kapasitor

Kapasitor berdasarkan dari bahan isolator dan nilainya terbagi menjadi 2 jenis yaitu kapasitor nilai tetap dan kapasitor variabel. Penjelasan tentang jenis jenis kapasitor adalah sebagai berikut ini.
  1. Kapasitor Nilai Tetap adalah kapasitor yang nilainya tidak pernah berubah (konstan). Jenis-jenis kapasitor tetap diantaranya yaitu: kapasitor keramik, kapasitor polyester, kapasitor kertas, kapasitor mika, kapasitor elektrolit dan kapasitor tantalum.
  2. Kapasitor Variabel adalah kapasitor yang nilai kepastiannya bisa diatur atau dapat berubah-ubah. Kapasitor variabel secara fisik terdiri atas 2 jenis yaitu: VARCO dan Trimmer.

Rumus Kapasitor

Rumus kapasitor adalah adalah sebagai berikut ini:

C = Q / V

Keterangan:
C = Nilai kapasitansi, dalam Fared (F)
Q = Muatan elektron, dalam Coloumb (C)
V = Besar Tegangan, dalam Volt (V)

Kapasitansi sendiri dalam perhitungannya bisa dihitung melalui cara mengetahui luas daerah pelat metal (A), jarak antara kedua pelat metal (t), dan konstanta bahan elektrik (K). Secara matematis bisa ditulis seperti berikut ini.

C = (8,85×10-12) (KA/t)

Itulah penjelasan yang bisa kami uraikan tentang Pengertian Kapasitor. Semoga apa yang telah kami uraikan tersebut di blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat untuk kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru