Pengertian Asas Kearifan Lokal

Pengertian asas kearifan lokal - Dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup terdapat bermacam-macam asas salah satunya yaitu asas kearifan lokal. Tahukah kamu apa yang dimaksud asas kearifan lokal itu? Tahukah kamu apa arti asas kearifan lokal? Mungkin sebagian dari kalian ada yagn sudah mengetahuinya namun ada juga yang belum mengetahuinya. Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu asas kearifan lokal, maka di sinilah kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan asas kearifan lokal beserta contoh asas kearifan lokal. Silahkan simak baca sampai selesai penjelasannya berikut ini.
Pengertian Asas Kearifan Lokal

Pengertian Asas Kearifan Lokal

Mungkin anda pernah mendengar kata "asas kearifan lokal", namun tahukah anda apa arti dari asas kearifan lokal itu?. Asas kearifan lokal adalah bahwa dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus memperlihatkan nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat (Dijelaskan dalam pasal 2 huruf I UUPPLH-2009). Asas tersebut mengendung sebuah makna bahwa pengelolaan lingkungan hidup haruslah memerhatikan nilai, hukum adat, atau kebiasaan yang berlaku pada masyarakat setempat.

Kearifan lokal adalah bagian budaya masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat itu sendiri. Biasanya kearifan lokal diwariskan secara turun temurun melalui cerita mulut ke mulut. Kearifan lokal sebagai sebuah pengetahuan yang ditemukan masyarakat lokal tertentu lewat pengalaman dalam mencoba dan disesuaikan dengan pemahaman pada budaya serta keadaan alam.

Contoh Asas Kearifan Lokal

Pelestarian alam yang dilakukan oleh masyarakat adat di papua telah dilakukan sejak dahulu. Hal tersebut dapat kita lihat dari adanya tradisi upacara adat pada masyarakat suku Tepera Distrik Depapre Kabupaten Jayapura. Dalam masyarakat suku Tepera mengenal yang namanya tradisi Tiyatiki untuk melakukan sebuah perlindungan serta pelarangan selama beberapa lama untuk tidak diperbolehkan mencari ataupun memancing ikan di suatu wilayah tertentu yang sudah diberi tanda pelarangan. Beggitu pula halnya dengan hak ulayat masyarakat adat Papua Tiga Natuna yaitu mengkeramatkan daerah-daerah tertentu, larangan untuk menangkap atau membunuh hewan-hewan tertentu, penghormatan terhadap laut, pemeliharaan terhadap terumbu karang serta penggunaan teknologi untuk penangkapan secara sederhana.

Demikianlah apa yang dapat kami jelaskan tentang apa pengertian asas kearifan lokal. Semoga penjelasan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah wawasan kita.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru