Pengertian Asas Partisipatif

Advertisement
Pengertian asas partisipatif – Tahukah kamu apa yang dimaksud asas partisipatif masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Mungkin bagi kamu yang pernah mempelajari atau melakukan pengelolaan lingkungan hidup tahu apa itu asas partisipatif. Namun bagi kamu yang belum pernah mempelajari dan melakukannya tentunya masih bingung jika disuruh menjelaskan tentang arti asas partisipatif. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan asas partisipatif beserta contoh asas partisipatif. Oke langsung saa silahkan simak penjelasannya sebagai di bawah ini.
Pengertian Asas Partisipatif

Pengertian Asas Partisipatif

Patisipatif berasal dari kata dalam bahasa inggris “participation” yang artinya pengikutsertaan atau pengambilan bagian. Partisipatif berarti keterlibatan mental serta emosi seseorang untuk pencapaian suatu tujuan dan orang tersebut ikut bertanggung jawab di dalamnya.

Lalu apa sih yang dimaksud asas partisipatif itu? tahukah kamu?. Asas partisipatif adalah bahwa setiap anggota masyarakat didorong untuk berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, baik secara langsung maupun tidak langsung (Menurut pasal 2 huruf k UUPPLH-2009.

Asas partisipatif merupakan salah satu asas yang penting selain sebagai sebuah upaya pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan, selain itu juga untuk meningkatkan kualitas keputusan serta penerimaan masyarakat terhadap keputusan pemerintah yang berhubungan dengan lingkungan.

Contoh Asas Partisipatif

Asas Partisipatif dalam perencanaan pembangunan kota: Normalisasi Kali Ciliwung di Bukit Duri. Perencanaan kota serta wilayah lebih dari sekedar alat teknis, merupakan proses pengambilan keputusan yang integrative serta partisipatif membahas persaingan kepentingan serta terkait dengan visi bersama, strategi pembangunan secara menyeluruh dan kebijakan perkotaan nasional, regional maupun lokal. Perencanaan kota serta wilayah merupakan sebuah komponen inti dari pradigma tata kelola pemerintahan kota yang baru, yakni mempromosikan demokrasi lokal, partisipasi dan inklusi, transparasi serta akuntabilitas dengan tujuan untuk menjamin suatu urbanisasi yang berkelanjutan dan kualitas tata ruang.

Bagaimana sekarang anda sudah mengerti kan apa Pengertian Asas Partisipatif. Semoga apa yang saya jelaskan dalam blog temukan pengertian tersebut bisa menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru