Pengertian Asas Manfaat Dalam Bidang Lingkungan Hidup

Advertisement
Pengertian asas manfaat – Dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup ada banyak asas yang perlu dilakukan salah satunya yaitu asas manfaat. Apa itu asas manfaat dalam pengelolaan lingkungan hidup? Seperti apa yang dimaksud asas manfaat dalam pengelolaan lingkungan hidup? Bagi kamu yang sudah pernah belajar tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup tentunya sudah bisa menjelasakn definisi asas manfaat yang ada di dalamnya. Namun bagi kamu yang belum pernah mempelajarinya tentunya masih kebingungan jika di suruh menjelaskan tentang arti dari asas manfaat dalam lingungan hidup. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan asas manfaat dalam pengelolaan lingkungan hidup agar nantinya kalian bisa menjelaskan arti arti asas manfaat tersebut.
Pengertian Asas Manfaat Dalam Bidang Lingkungan Hidup

Pengertian Asas Manfaat Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Jelaskan arti asas manfaat dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup? Asas manfaat artinya. Asas manfaat artinya bahwa segala usaha dan/ atau kegiatan pembangunan yang dilaksanakan disesuaikan dengan potensi sumber daya alam dan lingkungan hidup untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan harkat manusia selaras dengan lingkungannya (Menurut Pasal 2 Huruf e). Penjelasan pasal tersebut bermakna bahwa pengelolaan lingkungan hidup haruslah memberikan manfaat baik dari segi ekologis maupun ekonomis dan sosial. Manfaat itulah yang akan menjadi tujuan inti dari pembangunaan yang berkelanjutan. Dengan begitu asas manfaat tidak bisa dipisahkan dari asas kelestarian dan keberlanjutan secara keserasian dan keseimbangan.

Asas manfaat juga diartikan sebagai suatu upaya sadar dan terencana yang memadukan lingkungan hidup termasuk di dalamnya sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kesejahteraan, kemakmuran serta mutu hidup generasi sekarang dan generasi yang akan datang. Asas manfaat bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat secara merata berdasarkan prinsip keseimbangan dan kebersamaan untuk mencegah terjadinya suatu kesenjangan ekonomi, sosial dan budaya.

Tetapi kemanfaatan dalam arti ekonomi belum begitu membawa kemanfaatan bagi masyarakat khususnya masyarakat adat. Hal itu terbukti dengan adanya beberapa kebijakan ekonomi, khususnya dalam alokasi dan pengelolaan sumber daya alam, yang hanya memihak kepada kepentingan modal nyata-nyatanya telah berdampak sangat luas terhadap kerusakan alam dan ekologis. Korban yang utama dari kehancuran yaitu masyarakat adat yang hidupnya berada di dalam atau sekitar hutan, di atas berbagai jenis mineral dan bahan tambang, mencari penghidupan di laut dan mendiami pesisir. Kebijakan sektoral yang ekstraktif (kuras sebanyak-banyaknya secara cepat dan jual dengan cepat murah) tidak memberikan kesempatan bagi kearifan adat untuk mengelola sumber daya alam yang secara berkelanjutan, sebagaimana yang sudah dilakukan selama ratusan bahkan ribuan tahun silam. Pengetahuan serta kearifan lokal di dalam mengelola alam sudah tidak mendapatkan tempat yang layak dalam usaha produksi bahkan dalam kurikulum pendidikan formal. Dalam dunia farmakologi tidak mencoba mengangkat kearifan masyarakat adat dalam bidang tumbuhan obat sebagai bagian utama bidang yang menjadi perhatiannya. Jamu, ramuan tradisional dan sejenisnya sudah dianggap sekunder bahka diremehkan. Padahal ketika sistem pengobatan modern gagal memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan, jamu serta teknik-teknik pengobatan tradisionallah yang menjadi alternatif yang bisa diandalkan.

Itulah apa Pengertian Asas Manfaat dalam bidang lingkungan hidup. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat kepada anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru