Pengertian Asas Keterpaduan Dalam Lingkungan Hidup

Advertisement
Pengertian Asas keterpaduan dalam Lingkungan hidup - Dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup ada berbagai macam asas yang digunakan salah satunya yaitu asas keterpaduan. Bisakah kamu menjelaskan definisi asas keterpaduan? Seperti apa sih maksud asas keterpaduan? Mungkin bagi kamu yang sudah mempelajari perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sudah tahu apa itu asas keterpaduan dan bisa menjelaskan arti asas keterpaduan. Namun bagi yang belum pernah mempelajarinya tentunya masih bingung dengan apa yang dimaksud asas keterpaduan. Untuk itulah di sini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang asas keterpaduan dalam lingkungan hidup.
Pengertian Asas Keterpaduan Dalam Lingkungan Hidup

Pengertian Asas Keterpaduan

Apasih yang dimaksud asas keterpaduan dalam lingkungan hidup? Bagi yang belum tahu ini dia jawabannya. Asas keterpaduan artinya bahwa perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dilakukan dengan memadukan berbagai unsur dan menyinergikan berbagai komponen terkait.

Asas keterpaduan atau yang disebut dengan inteegra Integratedness Principle menurut penjelasan Pasal 2 huruf d UUPPLH-2009 menyebutkan bahwa “perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dilakukan dengan memadukan berbagai komponen terkait”. Asas ini antara lain terimplementasi dalam keterpaduan 3 instrumen hukum baru dalam UUPPLH-2009 yakni rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (RPPLH), Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), serta izin lingkungan. Asas keterpaduan dalam rangka penegakan hukum juga tercermin dalam penegakan hukum tindak pidana lingkungan secara terpadu antara penyidik PNS (Pegawai Negeri Sipil), kepolisian, kejaksaan di bawah koordinasi Menteri (Pasal 95 ayat 1 UUPPLH-2009). Keterpaduan tersebut meliputi keterpaduan unsur lingkungan, keterpaduan dalam pengelolaan serta keterpaduan dalam stakeholders.

Contoh Asas Keterpaduan

Contoh asas keterpaduan lingkungan hidup dalam hal perikanan yaitu bahwa pengelolaan perikanan dilakukan secara terpadu dari hulu hingga hilir dalam upaya meingkatkan efisiensi serta produktivitas.

Itulah penjelasan yang bisa saya sampaikan tentang pengertian asas keterpaduan dalam bidang lingkungan hidup. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru