Pengertian KA-ANDAL

Pengertian KA-ANDAL – Dalam menganalisis dampak lingkungan hidup biasanya diperlukan KA-ANDAL. Apa itu KA-ANDAL? Seperti apa yang dimaksud KA-ANDAL? Bisakah kamu memberikan definisi KA ANDAL. Mungkin ada yang sudah tahu dan bisa menjelaskan arti KA ANDAL. Namun bagi kamu yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan KA ANDAL, maka di sini kami akan menjelaskan tentang apa pengertian dokumen KA-ANDAL. Selain menjelaskan tentang pengertian dari KA-ANDAL, di sini kami juga akan menjelaskan tentang fungsi dan tujuan dibuatnya KA-ANDAL serta dasar pertimbangan penyusunan KA ANDAL.
Pengertian KA-ANDAL

Pengertian KA-ANDAL

KA-ANDAL merupakan singkatan dari Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan Hidup. KA-ANDAL adalah suatu dokumen yang berisi tentang tata ruang lingkup serta kedalaman kajian ANDAL. Ruang lingkup kajian ANDAL meliputi penentuan dampak-dampak penting yang akan dikaji secara lebih mendalam dalam ANDAL dan batas-batas studi ANDAL. Sementara itu, kedalam studi berkaitan dengan penentuan metodologi yang akan digunakan untuk mengkaji dampak. Penentuan ruang lingkup dan kedalaman kajian ini merupakan kesepakatan antara pemrakasa kegiatan dan komisi Penilai AMDAL. melalui proses yang disebut dengan proses pelingkupan.

Fungsi dan Tujuan Dibuatnya KA-ANDAL

Fungsi dan tujuan dibuatnya KA-ANDAL adalah sebagai berikut ini:
Fungsi KA-ANDAL
  • Sebagai salah satu rujukan bagi penilai dokumen ANDAL untuk melakukan evaluasi hasil studi ANDAL.
  • Sebagai bahan rujukan penting bagi pemrakarsa, instansi yang membidangi kegiatan atau rencana usaha, dan penyusun studi AMDAL mengenai lingkup dan kedalaman studi ANDAL yang dilakukan.
Tujuan KA ANDAL
  • Tujuan penyusunan KA ANDAL yaitu untuk mengarahkan studi ANDAL supaya bisa berjalan efektif serta efisien sesudai dengan waktu, biaya dan tenaga yang tersedia.
  • Untuk merumuskan ruang lingkup serta kedalaman studi ANDAL.

Dasar Pertimbangan Penyusunan KA ANDAL

Berikut ini adalah penjelasan tentang dasar pertimbangan penyusunan KA ANDAL:

- Keanekaragaman
ANDAL dapat digunakan untuk menduga kemungkinan dampak yang terjadi dari sebuah kegiatan atau rencana usaha terhadap lingkungan hidup. Pada umumnya kegiatan atau rencana usaha dan rona lingkungan hidup sangat beranekaragam. Keanekaragaman kegiatan, rencana usaha bisa berupa keanekaragaman bentuk, sarana, tujuan, ukuran dan lain-lain. Begitu pula rona lingkungan hidup akan berbeda berdasarkan letak geografi, pengaruh manusia, keanekaragaman faktor liingkungan hidup, dan lain-lain. Karena itulah, tata kaitan antara keduanya tentunya akan bervariasi juga. Kemungkinan timbulnya dampak lingkungan hidup pun akan berbeda-beda. Dengan bagitu KA-ANDAL dibutuhkan untuk memberikan arahan mengenai komponen kegiatan atau usaha manakah yang perlu ditelaah, serta kompmonen lingkungan hidup mana saja yang perlu diamati selama penyusunan ANDAL.

- Keterbatasan Sumber Daya
Dalam penyusunan KA-ANDAL sering kali dihadapkan pada keterbatasan sumber daya, misalnya keterbatasan waktu, tenaga, dana, metode dan lain-lain. KA-ANDAL memberikan ketegasan menganai bagaimana bisa menyesuaikan tujuan serta hasil yang akan diraih dalam keterbatasan sumber daya tersebut tanpa adanya pengurangan mutu pekerjaan ANDAL. Dalam KA-ANDAL ditonjolkan upaya untuk penyusun prioritas manakah yang perlu diutamakan supaya ANDAL bisa terpenuhi walaupun sumber dayanya terbatas.

- Efisien
Dalam pengumpulan data serta informasi untuk kepentingan ANDAL perlu dibatasi pada faktor-faktor yang berhubungan secara langsung dengan kebutuhan. Dengan begitu ANDAL bisa diperlakukan secara efisien. Penentuan masukan yang berupa data serta informasi yang sangat relevan ini selanjutnya dirancang dan dirumuskan dalam KA-ANDAL.

Bagaimana sekarang anda sudah tahu kan apa Pengertian KA-ANDAL itu, Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru