Pengertian Manajemen Pemasaran

Advertisement
Pengertian manajemen pemasaran - Dalam bidang pemasaran ada yang namanya istilah manajemen pemasaran. Tahukah kamu apa itu manajemen pemasaran? Bisakah kamu menjelaskan arti manajemen pemasaran? Bagi kamu yang terjun dalam dunia pemasaran tentunya tahu apa yang dimaksud manajemen pemasaran, namun bagi kamu yang tidak tentunya ada yang masih belum tahu seperti apa manajemen pemasaran itu. Untuk itulah di sini kami akan menjelaskan seperti apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran, agar nantinya bagi kamu yang belum tahu bisa mengetahui definisi manajemen pemasaran. Selain itu di sini juga kami jelaskan beberapa pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli, konsep manajemen pemasaran dan perencanaan strategi manajemen pemasaran.
Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang terdiri atas kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.

Atau pengertian manajemen pemasaran yaitu sebuah alat analisis, perencanaan, penerapan serta pengendalian progaram yang disusun untuk membangun, menciptakan, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk meraih tujuan utama perusahaan yaitu mendapatkan laba tau keuntungan.

Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan dari pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli:
  • Pengertian manajemen pemasaran menurut Kotler 1980. Manajemen pemasaran yaitu penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan program-program yang tujuannya untuk menimbulkan pertukran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk menggapai tujuan perusahaan.
  • Pengertian manajemen pemasaran menurut Kotler & Amstrong. Manajemen pemasaran yaiu analisis, perencanaan, implementasi serta pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk menggapai tujuan perusahaan.
  • Pengertian manajemen pemasaran menurut Dhamar & Handoko 1982. Manajemen pemasaran ialah salah satu kegiatan pokok yang dilaksanakan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang dan memperoleh laba. Proses pemasaran tersebut dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, serta tidak berakhir dengan penjualan. Selain iu kegiatan pemasaran perusahaan juga harus memberikan kepuasan kepada konsumen apabila menginginkan usaha yang dijalaninya dapat berjalan terus menerus.
  • Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotller dalam bukunya Marketing Management Analysis, Plannyeng and Conrol, menjelaskan bahwa sebuah proses sosial dimana individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dan mereka butuhkan dengan menciptakan serta mempertahankan produk serta nilai dengan individu serta kelompok yang lain.
  • Pengertian manajemen pemasaran menurut William J. Stanton yaitu sebuah sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan serta mendistribusikan barang atau jasa yang memuasakan kebutuhan baik itu kepada pembeli yang ada ataupun kepada pembeli yang potensial.
  • Pengertian manajemen pemasaran menurut American Marketing Association yaitu pelaksanaan dunia usaha yang mengarah pada arus barang-barang serta jasa-jasa dari produsen ke pihak pemakai atau konsumen.

Konsep Manajemen Pemasaran

Tunjuan konsep manajemen pemasaran adalah untuk memberikan kepuasan kepada keinginan serta kebutuhan konsumen atau pembeli. Semua kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Secara definitif bisa dikatakan kalau konsep pemasaran yaitu sebuah falsafah bisnis yang menyatakan kalau pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan.

Dalam konsep pemasaran terdapat beberapa elemen penting yaitu:
  • Market Oriented yaitu berorientasi pada keinginan konsumen.
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu.
  • Pencapaian tingkat kepusasan konsumen.

Pada hakikatnya konsep manajemen mencakup upaya serta strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka untuk mendapatkan tingkat kepuasan konsumen.

Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran

Strategi pemmasaran atau disebut marketing strategy yaitu proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait di mana:
  • Target market yaitu sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang permintaannya ingin dilayani oleh perusahaan.
  • Bauran pemasaran atau marketing mix yaitu variabel-variabel yang dirancang oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing mix merupakan kombinasi dari 4 kegiatan atau variabel yang merupakan inti dari sistem pemmasaran perusahaan yaitu: produk, struktur harga, kegiatan promosi serta sistem saluran distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini bisa digunakan sebagai dasar dalam mengambil sebuah strategi dalam usaha memperoleh posisi yang sangat strategis di pasar.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian manajemen pemasaran. Semoga apa yang telah kami uraikan dalamm penjelasan di atas pada blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru