Pengertian Perencanaan Karir

Advertisement
Pengertian perencanaan karir - Dalam sebuah karir terkadang perlu adanya sebuah perencanaan karir. Nah tahukah kamu apa itu perencanaan karir? Bisakah kamu menjelaskan arti perencanaan karir? Tentunya diantara kamu yang pernah merencanakan karirnya tahu tentang apa yang dimaksud perencanaan karir. Namun jika kamu belum tahu seperti apakah perencanaan karir itu maka di sini kami akan memberikan penjelasan teentang definisi perencanaan karir. Di sini kami selain menjelaskan tentag apa yang dimaksud dengan perencanaan karir, juga akan memberikan penjelasan tentang pengertian perencanaan karir menurut para ahli, manfaat perencanaan karir, langkah langkah perencanaan karir, metode perencanaan karir, dan faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan karir.
Pengertian Perencanaan Karir

Pengertian Perencanaan Karir

Istilah perencanaan karir itu terdiri dari 2 kata yaitu kata perencanaan dan karir. Perencanaan diartikan sebagai sebuah proses penentuan kegiatan-kegiatan ataupun rencana yang akan dilakukan di masa mendatang. Sedangkan karir diartikan sebagai semua pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang selama masa kerjanya yang memberikan kelangsungan, keteraturan serta nilai bagi kehidupan seseorang. Sehingga dapat didefinisikan perencanaan karir adalah sebuah proses di mana individu bisa mengidentifikasi serta mengambil langkah-langkah untuk menggapai tujuan karirnya. Dengan perencanaan karir maka setiap individu mengevaluasi kemampuan dan juga minatnya sendiri, mempertimbangkan kesempatan karir alternatif, menrencanakan aktivitas-aktivitas pengembangan praktis dan menyusun tujuan karir.

Atau perencanaan karir yaitu perjalanan kerja karyawan selama berada dalam perusahaan. Karyawan dapat merencanakan karirnya sejak mulai kerja sampai berhenti bekerja. Karir karyawan lebih banyak ditentukan oleh karyawan yang bersangkutan. Selain perencanaan karir, perusahaan juga harus melakukan evaluasi kinerja karyawan. Penilaian kinerja merupakan proses untuk menilai prestasi kerja karyawan sehingga dapat memberikan umpan balik kepada karyawan dan organisasi tentang pelaksanaan kerja mereka dan dapat dijadikan dasar sebagai program perbaikan kinerja, penyesuaian kompensasi/ upah, promosi jabatan dan pengembangan karir.

Pengertian Perencanaan Karir Menurut Para Ahli

  • Pengertian perencanaan karir menurut Mathis (2006). Perencanaan karir adalah sebuah perencanaan yang terfokus pada pekerjaan dan pengidentifikasian jalan karir yang memberikan suatu kemajuan yang logis atas orang-orang diantara pekerjaan dalam organisasi.
  • Pengertian perencanaan karir menurut Hariandja (2007). Perencanaan karir yaitu kegiatan dan kesempatan yang diberikan oleh organisasi dalam upaya membantu pegawai untuk menggapai tujuan karirnya, yang terpenting untuk meningkatkan kompetensi individu dan juga kemampuan organisasi.
  • Pengertian perencanaan karir menurut Martoyo (2007) ialah sebuah perencanaan tentang kemungkinan-kemungkinan seorang anggota organisasi atau pegawai sebagai individu meniti proses kenaikan jabatan atau pangkat sesuai dengan persyaratan dan kemampuannya.
  • Pengertian perencanaan karir menurut Rivai (2009. Perencanaan karir yaitu sebuah proses di mana perusahaan menyeleksi tujuan karir serta jenjang karir dalam menggapai rencana karir.

Manfaat Perencanaan Karir

Adanya perencanaan karir, membuat perusahaan bisa:
  • Mendorong pertumbuhan, dengan perencanaan karir yang baik akan bisa mendorong semangat kerja karyawan untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga motivasi karyawan bisa terpelihara.
  • Menurunkan tingkat perputaran karyawan, dimana perhatian terhadap karir individual dalam prencanaan karir yang sudah ditentukan akan bisa meningkatkan loyalitas pada perusahaan tempat meereka bekerja, dengan begitu dapat memungkinkan menurunkan tingkat perputaran karyawan.
  • Memberikan informasi kepada individu dan organisasi yang baik tentang jalur potensial karir di dalam sebuah organisasi.
  • Memenuhi kebutuhan-kebutuhan organisasi akan sumber daya manusia di masa mendatang.
  • Menyediakan fasilitas bagi penempatan internasional, organisasi global memakai perencanaan karir untuk membantu mengidentifikasikan serta mempersiapkan penempatan di luar negeri.
  • Mengembangkan pegawai yang bisa dipromosikan, dengan perencanaan karir maka dapat membentu membangun penawaran internal atas talenta yang bisa dipromosikan untuk mempertemukan dengan lowongan yang disebabkan oleh masa pension, berhenti bekerja dan pengembangan.
  • Membuka jalan untuk karyawan yang potensial, dengan perencanaan karir maka akan memberikan keberanian kepada karyawan untuk melangkah lebih maju kamampuan potensial mereka, karena mereka memiliki tujuan karir yang spesifik, tidak hanya mempersiapkan pekerja untuk lowongan di masa depan.
  • Dapat menciptakan keanekaragaman angkatan kerja, pada saat mereka diberikan bantuan perencanaan karir, pekerja dengan latar belakang yang berbeda bisa belajar mengenai harapan-harapan organisasi untuk pertumbuhan sendiri serta pengambangan.
  • Membantu pelaksanaan rencana-rencana kegiatan yang sudah disetujui, dengan perencanaan karir bisa membantu anggota kelompok supaya siap untuk jabatan-jabatan penting, persiapan ini dapat membantu pencapaian rencana-rencana kegiatan yang sudah disetujui.
  • Untuk mengurangi kelebihan, dengan perencanaan karir bisa membuat karyawan, manager serta departemen sumber daya manusia menjadi lebih berhati-hati atas kualifikasi karyawan, mencegah manager yang mau menang sendiri dari pembatasan sub-ordinate kunci.

Langkah Langkah Perencanaan Karir

Langkah-langkah atau proses yang akan ditempuh dalam menyusun rencana karir yaitu terdiri dari beberapa hal berikut ini:
  • Menilai diri sendiri. Bertanya atau memahami diri sendiri merupaka hal utama dalam perencanaan karir. Mengenali kesempatan-kesempatan, peluang-peluang, kendala-kendala, pilihan-pilihan, keterampilan, konsekuensi-konsekuensi, bakat serta nilai yang berhubungan dengan kesempatan karir.
  • Menetapkan tujuan karir. Sesudah seseorang bisa menilai kekuatan, kelemahan serta sesudah memperoleh pengetahuan mengenai arah dari kesempatan kerja, maka tujuan karir bisa diidentifikasi kemudian dibentuk.
  • Menyiapkan rencana-rencana. Mungkin rencana tersebut dibuat dari berbagai macam desaian kegiatan untuk mencapai tujuan karir.
  • Melaksanakan rencana-rencana. Kebanyakan untuk mengimplementasikan sebuah rencana dibutuhkan iklim organisasi yang mendukung. Maksudnya bahwa manajemen tingkat atas haruslah mengajak seluruh tingkatan dari manajemen untuk membantu bawahan mereka dalam hal meningkatkan karir mereka.

Metode Perencanaan Karir

Perencanaan karir bisa dilakukan melalui 3 cara berikut ini:
  • Pendidikan karir.
  • Penyediaan informasi
  • Bimbingan karir.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perencanaan Karir

Terdapat beberapa faktor mempengaruhi perencanaan karir,
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perencaan karir, di mana seseorang akan mengakui dan mau untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut ketika mereka merencanakan karir, yaitu berikut ini:

1. Tahap Kehidupan karir
Secara terus menurus seseorang akan berubah dan kemudian memandang perbedaan karir mereka pada berbagai tingkatan dalam kehidupannya.

2. Dasar karir
Setiap orang bisa mempunyai aspirasi, latar belakang serta pengalaman yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Terdapat 5 perbedaan motif dasar karir yang menjelaskan jalan bagi orang-orang untuk memilih serta mempersiapkan karirnya, di mana mereka menyebut dengan sebutan jangkar karir diantaranya yaitu:
  • Kemampuan manajerial.
  • Kemampuan fungsional-teknis.
  • Keamanan.
  • Kreatifitas.
  • Otonomi dan kebebasan.

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan tentang apa pengertian perencanaan karir. Semoga apa yang telah kami jelaskan pada blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru