Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Advertisement
Pengertian pembangunan berkelanjutan - Seperti apakah yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan itu? Bisakah kamu menjelaskan tentang apa itu pembangunan berkelanjutan? Mungkin kamu sedang mencari tahu tentang apa yang dimaksud pembangunan berkelanjutan? Dan ingin bisa menjelaskan arti pembangunan berkelanjutan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan. Selain membahas tentang definisi pembangunan berkelanjutan, di sini juga kami jelaskan tentang ciri-ciri pembangunan berkelanjutan, tujuan pembangunan berkelanjutan, prinsip pembangunan berkelanjutan dan contoh pembangunan berkelanjutan.
Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan adalah suatu upaya sadar yang terencana yang memadukan lingkungan hidup termasuk sumber daya ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi saat ini dan generasi di masa mendatang. Dalam pembangunan berkelanjutan terdapat 3 (tiga) hal penting yang perlu diperhatikan yaitu:
  • Pengelolaan sumber daya alam secara bijaksana.
  • Pembangunan berkesinambungan sepanjang masa.
  • Peningkatan kualitas hidup generasi.

Pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang menekankan pada kegiatan ekonomi yang optimal, namun tetap mempertahankan kelestarian lingkungan sebagai bagian dari upaya menjaga pembangunan tersebut dalam kurun waktu yang panjang. Pembangunan berkelanjutan menghendaki pemanfaatan lingkungan sumber daya alam tidak hanya di masa sekarang, namun tetap juga optimal di masa mendatang.

Pembangunan berkelanjutan tidak hanya berkonsentrasi terhadap isu-isu lingkungan. Tetapi pembangunan berkelanjutan lebih luas dari itu, karena mencakup 3 lingkup kebijakan, diantaranya yaitu pembangunan sosial, pembangunan ekonomi, dan perlindungan lingkungan (disebut sebagai 3 pilar pembangunan berkelanjutan). Dalam dokumen-dokumen PBB, pada dokumen hasil World Summit 2005 disebutkan ke-3 pilar tadi saling berhubungan dan menjadi pilar yang mendorong dalam pembangunan berkelanjutan. Idealnya ketiga hal tersebut dapat berjalan bersama-sama dan menjadi fokus pendorong dalam pembangunan berkelanjutan.

Pembangunan berkelanjutan sebagai proses peningkatan kesejahteraan masyarakat luas suatu bangsa secara terus-menerus dan dalam waktu yang mencakup antargenerasi. Keberlanjutan pembangunan menunjuk pada kemampuan untuk tumbuh dan berubah terus-menerus agar masyarakat menikmati kesejahteraan sekurang-kurangnya sama dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi.

Ciri-ciri Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan haruslah bisa mencerminkan tindakan yang melestarikan lingkungan alam. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri pembangunan berkelanjutan:
  • Memberikan sebuah kesempatan kepada sektor serta kegiatan yang lain untuk berkembang secara bersama-sama di setiap daerah, baik itu dalam kurun waktu yang sama ataupun dalam kuraun waktu yang tidak sama secara berkesinambungan.
  • Memberikan kemungkinan pada kelangsungan hidup melalaui jalan melestarikan fungsi serta kemampuan ekosistem yang mendukung, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.
  • Memanfaatkan sumber daya alam dengan cara memanfaatkan teknologi yang tidak akan merusak lingkungan.
  • Menggunakan prosedur serta tata cara yang memperhatikan kelestarian fungsi serta kemampuan ekosistem untuk mendukung kehidupan, baik masa sekarang maupun masa mendatang.
  • Meningkatkan serta melestarikan kemapuan serta fungsi ekosistem untuk memasuk, mendukung dan melindungi sumber alam bagi kehidupan secara berkesinambungan.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Tujuan pembangunan berkelanjutan adalah sebagai berikut:
  • Memastikan pendidikan yang layak, mempunyai kualitas serta inklusif dan mendorong kesempatan untuk belajar seumur hidup bagi setiap orang.
  • Mengatasi segala bentuk kemiskinan di semua tempat baik itu di desa kota dan lainnya.
  • Mengatasi kelaparan bersama dengan menggalakan pertanian yang berkelanjutan, meraih ketahanan pangan serta perbaikan nutrisi.
  • Memcapai kesetaraan gender serta memberdayakan kaum perempuan.
  • Menjamin akses air serta sanitasi bagi setiap orang.
  • Menggalakkan hidup yang sehat serta menjunjung kesejahteraan bagi semua umur.
  • Mengurangi kesenjangan baik di dalam mapun antar negara.
  • Memastikan akses energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkesinambungan serta modern.
  • Mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan serta inklusif dan juga lapangan pekerjaan yang layak bagi setiap orang.
  • Melakukan pembangunan infrastruktur yang kuat, mempromosikan industrial yang berkesinambungan serta mendorong adanya inovasi.
  • Menjadikan perkotaan yang inklusif, aman, kuat serta berkelanjutan.
  • Memastikan pola mengkonsumsi serta memproduksi yang berkelanjutan.
  • Memanfaatkan dan melindungi samudera, laut serta sumber energi kelautan secara berkelanjutan.
  • Mengambil langkah yang penting untuk melawan pergantian iklim beserta dengan dampaknya.
  • Mendorong masyarakat yang adil, inklusif dan damai.
  • Menghidupkan lagi kemitraan global demi sebuah pembangunan yang berkelanjutan.
  • Melakukan pengelolaan hutan secara berkelanjutan, menghentikan serta merehabilitasi rusaknya lahan, melawan pergantian lahan menjadi sebuah gurun, serta menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati.

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Terdapat beberap prinsip pembangunan yang berkelanjutan diantaranya yaitu:
  • Pemerataan (Equity) yang merupakan target utamanya pembangunan berkelanjutan. Pemerataan diakui dapat meminimalisir disparitas baik dari ekonomi maupun sosial serta kesempatan yang seimbang bagi masyarakat.
  • Ekonomi merupakan pendekatan pembangunan faktor ekonomi di dalam sebuah pembangunan yang berkesinambungan meniktik beratkan pada sebauah peningkatan keahlian pekerja shingga dapat menambah energi saing di dalam menggapai pekerjaan yang layak, mendorong kerjasama ekonomi strategis serta peningkatan performa infrastruktur dasar seperti perumahan, jalur, air dan yang lainnya hingga infrastruktur informasi.
  • Energi merupakan penerapan penghematan energi yang termasuk bagian pembangunan berkelanjutan. Sebagai contoh yaitu mengoptimalkan pembangunan bangunan dengan pencahayaan alami yang sebanyak mungkin, mengutamakan pengembangan sistem transportasi umum, masal serta hemat energi .
  • Ekologi dalam pembangunan yang berkelanjutan yaitu diterapkan dengan penggunaan lahan campuran semaksimal mungkin, sistem bangunan dan transportasi yang saling terintegrasi, memperhatikan keberadaan ruang hijau, ruang terbuka serta membatasi pemekaran kota yang secara berlebihan.
  • Peran Serta (Engagement) merupakan peningkatan dan pengoptimalan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan lingkungan. Pemerintah dalam hal ini berperan sebagai fasilitator yang memberdayakan masyarakat serta dapat menampung segala aspirasi dan masukan yang diberikan oleh masyarakat.

Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Terkadang dalam pembanguanan terdapat 3 sektor pembanguanan yang menjadi tiang utama. Pembangunan tersebut yaitu dari sektor ekonomi ekonomi, sosial dan lingkungan. Ketiga sektor tersebut sejatinya saling berkaitan atara satu dengan yang lainnya.Jika pembangunan di sektor ekonommi semakin sukses, maka di sektor yang lain juga akan mengalmi hal yang sama. Harusnya pembangunan berazaskan kesinambungan, sebab tidak menutup kemungkinan peningkatan di sektor ekonomi jurstru akan merusak sektor lingkungan yang kelanjutannya akan mengakibatkan kegagalan pembangunan. Untuk itulah penggunaan lingkungan secara bijak serta menjaganya haruslah menjadi hal yang lebih diprioritaskan.

Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami jelaskan tentang pengertian pembangunan berkelanjutan. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru