Pengertian Tes Kepribadian

Advertisement
Pengertian tes kepribadian - Tes kepribadian sering digunakan dalam menyeleksi calon karyawan/ seleksi pegawai yang akan bekerja di sebuah perusahaan. Tahukah kamu apa yang dimaksud tes kepribadian itu? Seperti apa itu tes kepribadian? Mungkin kamu pernah menjalani tes kepribadian namun belum bisa menjelaskan definisi tes kepribadian atau arti dari tes kepribadian. Untuk itulah pada pembahasan ini kami akan memberikan informasi tentang apa arti tes kepribadian itu agar nantinya kamu bisa menjelaskan seperti apa arti tes kepribadian. Di sini selain menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan tes kepribadian secara umum, juga akan kami berikan penjelasan tentang pengertian tes kepribadian menurut para ahli dan tipe-tipe tes kepribadian.
Pengertian Tes Kepribadian

Pengertian Tes Kepribadian

Tes Kepribadian atau yang sering disebut dengan sebutan personality test. Tes kepribadian adalah tes yang digunakan untuk menebak sifat-sifat dan karakter pelamar. Kakteristik pekerja yang dicari adalah cenderung konsisten dan mampu.

Definisi tes kepribadian secara umum yaitu teknik untuk mengesahkan ataupun menolak hipotesis dalam pengukuran mental yang akan menghasilkan skor untuk membandinggkan antara dua orang atau lebih. Tes kepribadian disusun untuk mengukur bermacam-macam faktor psikologis tertentu yang biasanya juga berkaitan dengan kemampuan fisik seseorang.

Pengertian Tes Kepribadian Menurut Para Ahli

Pengertian tes kepribadian menurut Lee J. Cronbach dalam Essential of Psychological Testing, tes kepribadian ialah tes yang dipergunakan untuk mengetahui perbedaan diantara setiap kepribadian, dan kepribadian itu sifatnya individual, yang artinya tak seorang pun mempunyai kepribadian yang sama antara sau dengan yang lain. Kepribadian itu juga bukanalah suatu yang benar atau salah, bukan juga suatu yang baik atau buruk. Kepribadaian yaitu apa adanya diri kita yang telah mempunyai kepribadian yang unik yang berbeda dengan yang lainnya.

Jenis jenis tes kepribadian

Berikut ini adalah beberapa jenis jenis tes kepribadian:
  • Tes kepribadian DAP (Menggambar Orang) adalah tes yang digunakan untuk menilai kepribadian dan karakter seseorang melalui cara menganalisa gambar orang yang dibuat oleh peserta tes.
  • Tes kepribadian Baum (Tree Test) adalah tes yang digunakan untuk menilai kepribadian dan karakter seseoarang dengan cara menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh peserta test.
  • Tes kepribadian Enneagram Personality adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kepribadian atau watak sesorang yang terbagi menjadi 9 jenis tipe yaitu melalui cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  • Tes kepribadian Efektifitas diri adalah tes yang digunakan untuk mengetahi tingkat efektif (cepat dan tepat) seseorang dalam melakukan tugas serta menyelesaikan berbagai keadaan yang sulit.
  • Tes kepribadian HTP (House Tree Person) ialah tes yang dipergunakan untuk menilai kepribadian dan karakter seseorang melalui cara menganalisa gambar pohon, gambar rumah dan gambar orang yang dibuat oleh peserta tes.
  • Tes kepribadian EPPS yaitu tes kepribadian yang dipergunakan untuk mengetahui tipe-tipe motivasi, kesukaan dan kebutuhan pribadi seseorang melalui cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  • Tes kepribadian ketelitian adalah tes yang digunakn untuk mengukur tingkat ketelitian ataupun tingkat kecermatan seseorang dalam melakukan pengolahan data yang berupa angaka, kata ataupun kombinasi antara angka dan kata.
  • Tes kepribadian MBTI adalah tes yang dipergunakan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang dalam lingkungan dengan menyuguhinya sejumlah pertanyaan tertentu.
  • Tes kepribadian Pauli Kraepplin yaitu tes yang digunakan untuk mengukur karakter pada diri seseorang pada beberapa aspek tertentu diantaranya yaitu aspek kehendak atau kemauan individu, aspek daya tahan atau keuletan, aspek penyesuaian diri, aspek emosi, serta aspek stabilitas diri melalui cara memintanya untuk melakukan perhitungan angka-angka dalam deret yang panjang.
  • Tes kepribadian MAPP ialah tes yang dipergunakan untuk mengukur pilihan kesukaan seseorang dalam bermacam hal terutama yang berhubungan erat dengan pekerjaan ataupun dunia kerja yang profesional.
  • Tes kepribadian Teamwork Test ialah tes yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dalam sebuah tim yang solid untuk meraih tujuan bersama.
  • Tes kepribadian skala kematangan yaitu tes yang dipergunakan untuk mengukur tingkat kematangan atau kedewasaan sikap seseorang dalam bertindak pada situasi tertentu.
  • Tes kepribadian WARTEGG adalah tes yang dipergunakan untuk meneliti atau mengeksplorasi kepribadian seseorang terutama dalam hal imajinasi, emosi, kontrol, dinamisme, serta reality function yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan dari 8 macam gambar yang telah dibuatnya.
  • Tes kepribadian kecenderungan sukses adalah tes yang digunakan untuk melakukan deteksi kecenderungan seseorang untuk menjadi orang yang sukses berdasarkan dari faktor-faktor tertentu yang terdapat pada dirinya.
Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang apa pengertian tes kepribadian. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian tersebut dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru