Pengertian Tes Potensi Akademik

Advertisement
Pengertian tes potensi akademik - Tes potensi akademik itu seperti apa? Tes Potensi akademik biasanya digunakan sebagai syarat tes seleksi dalam penerimaan mahasiswa maupun dalam penerimaan karyawan di sebuah perusahaan yang membuka lowongan kerja. Namun tahukah kamu apa itu tes potensi akademik? Seperti apa sih tes potensi akademik itu? Bagi kamu yang sudah tahu seperti apa yang dimaksud tes potensi akademik, tentunya sudah bisa menjelaskan definisi tes potensi akademik. Namun bagi kamu yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan tes potensi akademik tentunya akan kebingungan menjelaskan seperti apa arti tes potensi akademik itu. Untuk itulah di sini kami akan membahas pengertian dari tes akademik dan juga manfaat tes potensi akademik beserta penyelenggara tes potensi akademik.
Pengertian Tes Potensi Akademik

Pengertian Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik sering disebut dengan ability test). Tes potensi akademik adalah tes untuk mengukur sejauh mana kemampuan pelamar berupa kemampuan verbal, keterampilan kualitatif, serta kecerdasan persepsi.

Tes Potensi Akademik yaitu tes untuk mengetahui bakat serta kemampuan seseorang dalam bidang keilmuan (akademik). Hasil tes potensi akademik juga bisa menjadi tolak ukur kemampuan berkomunikasi dan bernalar calon mahasiswa atau calon pegawai/ karyawan.

Manfaat Tes Potensi Akademik

Apa apa kegunaan tes potensi akademik? Manfaat/ kegunaan tes potensi akademik adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk mengukur kemampuan akadimik calon mahasiswa.
  • Untuk mengukur kemampuan akademik calon karyawan BUMN atau instansi swasta yang lain.
  • Untuk mengukur kemampuan akademik karyawan yang akan naik jabatan.
  • Untuk mengukur kemampuan akademik calon pegawai negeri sipil.

Penyelenggara Tes Potensi Akademik

Lembaga penyelenggara tes potensi akademik adalah sebagai berikut ini:
  • UPP-TPA (Unit Pelayanan Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik) Bappenas yang bekerja sama dengan program Pascasarjana Universitas tertentu (disebut sebagai TPA OTO Bappenas).
  • Program Pascasarjana universitas tertentu secara independen.
  • HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) dalam koordinasi Pusat Layana Test Indonesia. TPA-nya disebut sebagai TKDA (Test Kemampuan Dasar Akademik).

Demikianlah sedikit yang bisa saya jelaskan tentang pengertian tes potensi akademik. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat bagi anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru