Pengertian Asas Nasionalisme

Advertisement
Pengertian Asas Nasionalisme - Dalam kode etik jurnalistik terdapat beberapa asas yang ada di dalamnya. Asas-asas dalam kode etik jurnalistik tersebut yaitu asas profesionalitas, asas demokrasi, asas nasionalisme, dan asas religius. Untuk asas profesionalitas dan asas demokrasi sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya. Untuk asas pengertian asas nasionalisme dalam pers akan kami bahas dalam artikel ini dan asas religius akan kami bahas dalam artikel selanjutnya. Bagi kamu yang belum tahu apa itu asas nasionalisme? Maka silahkan kamu simak penjelasan dari kami tentang Pengertian asas nasionalisme dalam kode etik jurnalistik (dalam pers) sebagai berikut ini.
Pengertian Asas Nasionalisme

Pengertian Asas Nasionalisme

Asas Nasionalisme merupakan asas yang menekankan pada kewajiban pers untuk mendahulukan kepentingan nasional/ umum di atas kepentingan kelompok ataupun golongan tertentu. Hal ini bukan dimaksudkan untuk membatasi pers dalam mengkritisi pemerintah atau melakukan kontrol terhadap jalannya pemerintah ataupun dalam menyampaikan suatu fakta kebenaran, namun bagaimana pers mampu mengemas agar apa yang disampaikan oleh pers tidak memicu perpecahan yang mengancam persatuan dan kesatuan, serta keselamatan negera. Hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan asas nasionalisme sebagai berikut.
  • Memprioritaskan kepentingan umum, mendahulukan kepentingan nasional.
  • Pers bebas mengkritik pemerintah, selama hal tersebut untuk kepentingan nasional.
  • Memperhatikan keselamatan bangsa.
  • Memerhatikan unsur persatuan dan kesatuan.
  • Mengabdi demi kepentingan bangsa dan negara.
  • Tidak menyampaikan suatu informasi yang mengandung provokasi.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan tentang apa yang dimaksud asas nasionalisme itu. semoga Pengertian Asas Nasionalisme dalam blog temukan pengertian ini bisa dipahami.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru