Pengertian Asas Demokrasi

Pengertian Asas Demokrasi - Asas demokrasi merupakan salah satu asas yang terdapat dalam kode etik jurnalistik. Dalam kode etik jurnalistik terdapat beberapa asas diantaranya yaitu asas profesionalitas, asas demokrasi, asas nasionalisme, dan asas religius. Tahukah kamu apa itu asas demokratis? Mungkin diantara kamu ada yang masih belum tahu tentang apa yang dimaksud asas demokrasi. Maka dari itulah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian asas demokrasi dalam kode etik jurnalistik. Untuk asas profesionalitas sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya sedangkan asas demokrasi, asas nasionalisme, dan asas religius akan kami bahas dalam artikel selanjutnya. Berikut ini adalah pengertian atau definisi asas demokrasi, silahkan anda pahami sampai selesai.
Pengertian Asas Demokrasi

Pengertian Asas Demokrasi

Asas Demokrasi adalah asas yang menekankan pada pentingnya pers untuk mampu bersikap demokratis. Dalam hal ini, pers wajib memberikan kesempatan yang sama bagi semua pihak secara adil dan proposional serta tidak memihak. Hal ini sangat penting untuk menjaga netralitas pers dalam menjalankan fungsi dan peranannya, meskipun pers dapat mengundang unsur promosi, namun tidak boleh dijadikan sebagai alat propaganda terlebih lagi oleh kelompok tertentu yang memiliki muatan politis. Hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan asas demokrasi sebagai berikut.
  • Harus jujur dan berimbang.
  • Harus mencakup dua sisi (cover both side).
  • Pers bisa berisi promosi namun pers tidak boleh dijadikan sebagai alat propaganda.

Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang Pengertian Asas Demokrasi. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat bagi anda.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait