Pengertian E-mail berbasis SMTP/POP

Advertisement
Pengertian E-mail berbasis SMTP/POP - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang  pengertian email berbasis SMTP/POP. Sebelum kami bahas lebih lanjut, maka terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang apa itu SMTP dan apa itu POP. SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protokol yaitu suatu protokol yang dipakai untuk mengirim pesan email antar server, yang dapat dianalogikan sebagai kantor pos. Pada saat mengirim sebuah email, komputer akan mengarahkan email tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke email yang dituju. Sedangkan POP adalah singkatan dari Post Office Protokol yaitu protokol yang dipakai untuk mengambil atau mengelola email di internet. Dengan adanya POP, maka bisa mempermudah untuk memperoleh email dari sebuah mail server tanpa memerlukan koneksi yang lama dari internet. Nah setelah kita tahu apa itu SMTP dan POP, maka akan kami jelaskan tentang pengertian e-mail berbasis SMTP/POP pada paragraf berikut ini.
Pengertian E-mail berbasis SMTP/POP

Pengertian E-mail berbasis SMTP/POP

E-mail berbasis SMTP/POP adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol), yaitu sebuah komputer server yang bisa mengirimkan e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju begitu pula sebalinya. Supaya bisa menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/ POP, maka pengguna harus memiliki akun di server SMTP/POP. Selain hal itu, seorang pengguna juga harus memakai software e-mail client untuk membaca maupun mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Jika server sudah menyediakan layanan talnet, maka pengguna bisa masuk ke mesin server, lalu menjalankan ke software e-mail client. Ada beberapa software e-mail client yang bisa dipilih diWindows, diantaranya yaitu MS. Outlook, Outlook Express, Mozilla Thunderbird dan Eudora.

Pada server SMTP/POP, seluruh e-mail yang dikirim ke pengguna dan sudah memiliki akun di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Lalu pada saat pengguna menghubungi server, seluruh e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer. Begitu sebalinya, ketika pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan kemudian akan diteruskan ke alamat yang dituju. Supaya bisa menggunakan software e-mail client, pengguna perlu melakukan pengaturan beberapa informasi, misalnya pengaturan (alamat IP) server SMTP/POP, nama pengguna (user ID/ username), serta password server e-mail.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang Pengertian E-mail berbasis SMTP/POP. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru