Pengertian Elektroforesis

Advertisement
Pengertian elektroforesis – Mungkin diantara teman-teman pernah mendengar istilah “elektroforesis”? Bisakah kamu menjelaskan apa yang dimaksud dengan elektroforesis? Pastinya bagi kamu yang pernah mempelajarinya sudah bisa kan menjelaskan tentang apa yang dimaksud elektroforesis. Namun bagi kamu yang masih awam tentang hal tersebut pastinya belum bisa menjelaskan seperti apakah yang dimaksud dengan elektroforesis itu. Maka dari itulah dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu elektroforesis, agar nantinya kamu bisa menjelaskan arti dari elektroforesis. Di sini selain menjelaskan tnetang definisi elektroforesis, juga kami jelaskan tentang jenis elektroforesis, proses terjadinya elektroforesis, kegunaan elektroforesis, prinsip elektroforesis, sifat elektroforesis koloid dan contoh elektroforesis.
Pengertian Elektroforesis

Pengertian Elektroforesis

Elektroforesis adalah peristiwa pergerakan partikel koloid yang bermuatan ke salah satu elektrode. Atau elektroforesis adalah peristiwa bergeraknya partikel-partikel koloid dalam medan listrik ke masing-masing elektode. Apabila sepasang elektode dimasukan ke dalam sistem koloid, maka partikel koloid yang muatannya positif akan menuju ke elektode negatif atau katode dan partikel koloid yang mutannya negatif bergerak menuju ke elektrode positif atau anode. Karena itulah elektroforesis koloid bisa dipakai untuk menentukan jenis muatan suatu koloid.
Peristiwa elektroforesis menunjukan bahwa partikel koloid itu bermuatan listrik. Partikel-partikel koloid bisa bermuatan listrik dikarnakan terjadi suatu penyerapan ion pada permukaan partikel koloid. Sistem koloid dapat stabil dikarenakan adanya muatan listrik di permukaan partikel koloid, selain itu juga karena adanya gerak brown. Partikel koloid dalam peristiwa elektroforesis, muatannya akan dinetralkan dan digumpalkan pada elektrode. Gejala tersebut bisa diamati dengan cara menggunakan alat sel elektrolisis.

Jenis Elektroforesis

Jenis elektroforesis adalah sebagai berikut ini:
  • Elektroforesis kertas adalah jenis elektroforesis yang terdiri atas kertas sebagai fase diam dan partikel yang bermuatan yang terlarut sebagai fase gerak, terutama yaitu ion-ion kompleks. Terjadinya pemisahan ini yaitu karena adanya gradasi konsentrasi sepanjang sistem pemisahan. Pergerakan partikel pada kertas itu tergantung dari muatan atau valensi zat terlarut, tegangan yang digunakan, luas penampang, kekuatan ion, ph, viskositas, konsentrasi elektrolit, dan adsorpsivitas zat terlarut.
  • Elektroforesis gel adalah elektroforesis yang memakai gel sebagai fase diam untuk memisahkan molekul-molekul. Mulanya elektroforesis gel dilakukan dengan medium gel kanji sebagai fase diam untuk memindah biomolekul yang lebih besar seperti protein-protein. Setelah itu elektroforesis gel berkembang menjadikan poliakrilamida dan agarosa sebagai gel media.

Proses Terjadinya Elektroforesis

Bagaimana terjadinya suatu proses elektroforesis? Jika arus listrik dengan tegangan rendah dialirkan ke dalam dispersi koloid, maka partikel-partikel koloid bergerak menuju elektode positif atau negatif. Hal ini membuktikan bahwa partikel-partikel koloid dalam medium pendispersinya bermuatan listrik.

Proses yang terjadi seperti di atas, yaitu jika dua buah elektrode dari sumber arus listrik searah dicelupkan dalam koloid disebut elektroforesis.

Kegunaan Elektroforesis

Kegunaan dari elektroforesis adalah elektroforesis dapat digunakan untuk mendeteksi muatan partikel koloid. Jika partikel koloid berkumpul di elektrode positif berarti koloid bermuatan negatif. Jika partikel koloid berkumpul di elektrode negatif berarti koloid bermuatan positif.

Prinsip Elektroforesis

Prinsip elektroforesis digunakan untuk memisahkan partikel dalam satu campuran. Misalnya, memisahkan partikel debu pada asap suatu industri dengan alat Cottrell. Partikel koloid yang berupa debu adengan alat in ditarik ke salah satu elektrode sehingga terpisah dari mediumnya, yaitu gas buangan. Hal tersebut menyebabkan gas terbuang di udara menjadi bersih dari partikel-partikel debu.

Sifat Elektroforesis Koloid

Jelaskan sifat elektroforesis pada koloid? Sifat elektroforesis koloid selain fungsinya untuk menentukan muatan suatu partikel koloid juga bermanfaat dalam bidang industri. Penggunaan dan pemanfaatan sifat elektroforesis koloid dalam industri diantaranya yaitu pada proses pembuatan sarung tangan karet, dan untuk mengurangi pencemmaran udara dengan metode Cottrel.

Contoh Elektroforesis

Contoh penerapan elektroforesis ? Contoh elektroforesis adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk identifikasi DNA.
  • Untuk mendeteksi kelainan genetic.
  • Untuk memproses penyaringan debu pabrik.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan tentang apa pengertian elektroforesis. Semoga penjelasan yang kami tulis di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru