Pengertian Laporan Laba Rugi Single Step

Advertisement
Pengertian laporan laba rugi single step – Laporan laba rugi merupakan sebuah komponen keuangan yang menyajikan informasi tentang kinerja suatu perusahaan. Nah bentuk laporan laba rugi terbagi menjadi 2 bentuk yaitu laporan laba rugi single step dan multiple step. Dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang apa yang dimaksud laporan laba rugi single step, sedangkan untuk laporan laba rugi multiple step akan kami ulas dalam artikel berikutnya. Selain menjelaskan pengertian laporan laba rugi bentuk single step, di sini juga kami berikan contoh laporan laba rugi single step agar bisa lebih memahaminya. Oke seperti apakah itu laporan laba rugi single step mari kita simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian Laporan Laba Rugi Single Step

Pengertian Laporan Laba Rugi Single Step

Laporan laba rugi single step yaitu laporan laba rugi dimana semua pendapatan dijumlahkan menjadi satu, demikian juga untuk bebannya, kemudian dicari selisihnya untuk mengetahui laba atau rugi.

Semua pendapatan di dalam laporan laba rugi bentuk single step dikelompokkan tersendiri di bagian atas dan dijumlahkan, lalu semua beban dikelompokkan tersendiri di bagian bawah dan dijumlahkan. Maksudnya jumlah pendapatan dikurangi jumlah beban, selisihnya merupakan laba bersih atau rugi bersih. Atau dengan kata lain semua pendapatan (pendapatn operasional dan lain-lain) dikelompokkan menjadi satu menjadi kelompok pendapatan, kemudian semua beban (beban operasional dan lain-lain) dikelompokkan menjadi satu yaitu kelompok beban. Kelompok pendapatan tempatkan di awal laporan dan dijumlahkan, kemudian baru beban yang akan dijumlahkan. Untuk dapat mengetahui laba atau rugi bersih perusahaan maka pendapatan dikurangi beban. Secara ringkasnya seperti ini: Pendapatan Jasa - Beban-beban = Laba/ Rugi.

Contoh Laporan Laba Rugi Single Step

Contoh laporan laba rugi dengan bentuk single step adalah sebagai berikut ini.
Pengertian Laporan Laba Rugi Single Step

Demikian apa yang dapat kami jelaskan tentang pengertian laporan laba rugi single step, semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat dengan mudah di pahami.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru