--> Skip to main content
Menu

Pengertian Laporan Laba Rugi Multiple Step

Pengertian laporan laba rugi multiple step – Laporan laba rugi merupakan sebuah laporan yang dipergunakan utnuk mengukur keberhasilan operasional perusahan selama jangka waktu tertentu. Laporan laba rugi bentuknya dibedakan menjadi 2 yaitu laporan laba rugi single stelp dan laporan laba rugi multiple step. Untuk laporan laba rugi single step silahkan kamu baca artikel yang berjudul: Pengertian Laporan Laba Rugi Single Step. Sedangkan untuk laporan laba rugi multiple step akan kami bahas dalam pembahasan ini. Di sini selain kami jelaskan pengertian laporan laba rugi bentuk multiple step juga kami berikan contoh laporan laba rugi multiple step agar lebih mudah untuk dipahami. Seperti apakah yang dimaksud dengan laporan laba rugi bentuk multiple step itu? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Laporan laba rugi multiple step

Pengertian Laporan Laba Rugi Multiple Step

Laporan laba rugi multiple step (bertahap) adalah laporan laba rugi dengan mengelompokkan atau memisahkan antara pendapatan usaha dengan pendapatan di luar usaha, dan memisahkan pula antara beban usaha dan beban di luar usaha, baru kemudian dicari selisihnya sehingga akan diperoleh laba atau rugi usha. Jadi, Pendapatan di dalam laporan laba rugi multiple step itu dibedakan menjadi pendapatan usaha dan pendapatan lain-lain (luar usaha), begitu pula dengan beban juga dibedakan menjadi beban usaha dan beban lain-lain (luar usaha). Pendapatan dan beban disajikan pertama lalu pendapatan dan beban lain-lain disajikan selanjutnya.

Atau dengan kata lain, laporan laba rugi multiple step yaitu sebuah laporan yang bentuknya memisahkan antara transaksi operasi dengan transaksi non operasi, juga membandingkan antara biaya dan beban dengan pendapatan yang berhubungan. Pengungkapan laba operasional akan menunjukkan perbedaan antara aktivitas biasa dengan aktivitas tidak biasa (insidentil).

Contoh Laporan Laba Rugi Multiple Step

Contoh laporan laba rugi dalam bentuk multiple step adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Laporan Laba Rugi Multiple Step

Demikian apa yang dapat kami jelaskan tentang pengertian laporan laba rugi multiple step, semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.