Skip to main content

Pengertian Rasio Rentabilitas

Pengertian rasio rentabilitas - Perusahaan mempunyai tujuan untuk memperoleh yang laba besar, tentunya akan selalu meningkatkan target laba di setiap tahunnya. Tetapi, laba yang besar belum dapat dijadikan sebagai patokan bahwa perusahaan telah efisien dalam bekerja. Untuk dapat mengetahui efisien atau tidaknya suatu perusahaan, maka dapat dilakukan dengna cara membandingkan antara laba yang diperoleh dengan modal yang sudah dikeluarkan untuk dapat menghasilkan laba atau dengan cara melakukan perhitungan rasio rentabilitasnya. Nah apa itu rasio rentabilitas? Sudah tahukah kamu definisi rasio rentabilitas? Jika kamu belum tahu tentang apa yang dimaksud rasio rentabilitas, maka di sini kamu akan menemukan jawaban tentang apa yang dimaksud dengan rasio rentabilitas. Karena di sini kami akan menjelaskan arti dari rasio rentabilitas secara umum dan juga pengertian rasio rentabilitas menurut para ahli. Selain itu agar lebih memahaminya, kami juga sertakan penjelasan tentang jenis jenis rasio rentabilitas, faktor faktor yang mempengaruhi rentabilitas, dan cara menghitung rasio rentabilitas.
Pengertian Rasio Rentabilitas

Pengertian Rasio Rentabilitas

Rasio rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menciptakan keuntungan (profit) dan tingkat keefektifitasannya selama periode tertentu. Atau pengertian rasio rentabilitas adalah rasio yang sering dipakai untuk mengukur kemampuan suatu perusahaan dalam hal menghasilkan laba pada waktu periode tertentu. Rumus umum yang dipakai untuk menghitung adalah L/M, yang mana L merupakan laba yang dihasilkan sedangkan M merupakan modal yang dikeluarkan untuk memperoleh laba.

Rasio rentabilitas sangat erat hubungannya dengan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Apabila nilai rasionya bagus, itu berarti kondisi keuangan perusahaan dalam keadaan yang sehat . Selain hal itu, rasio rentabilitas juga bisa digunakan untuk mengukur ketika pengambilan sebuah keputusan mengenai masalah pemenuhan kebutuhan keuangan suatu perusahaan, apakah akan memakai bantuan modal asing secara kredit ataukah dengan memakai modal sendiri.

Pengertian Rasio Rentabilitas Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian rasio rentabilitas dari beberapa ahli:
  • Pengertian rasio rentabilitas menurut Alma (2000 : 247), bahwa rentabilitas mencakup 2 hal yaitu: Yang pertama, perbandingan antara pendapatan suatu perusaan dengan kekayaan yang ada. Pendapatan tersebut adalah pendapatan netto setelah dikurangi pajak. Yang kedua, perbandingan antara pendapatan suatu perusahaan dengan kekayaan yang digunakan dalam perusahaan, terdapat dua jenis kekayaan yang digunakan dalam perusahaan yakni kekayaan sendiri dan kekayaan atas pinjaman.
  • Pengertian Rasio Rentabilitas ekonomi menurut Riyanto (2001 : 36), bahwa rentabilitas adalah perbandingan antara laba usaha dengan modal sendiri dan juga modal asing yang dipakai untuk mendapatkan laba tersebut dan dinyatakan dalam bentuk persentase.
  • Pengertian Rasio Rentabilitas menurut Sutrisno (2003 : 18), menyatakan bahwa rentabilitas adalah kemempuan suatu perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan seluruh modal yang bekerja di dalamnya.
  • Pengertian Rasio Rentabilitas menurut Husnan (2004 : 73), menyatakan kalau rasio yang mengukur kemampuan aktiva perusahaan mendapatkan laba dari operasi perusahaan karena hasil operasi yang dikukur, maka digunakan laba yang sebelum bunga dan pajak.
  • Pengertian Rentabilitas menurut Munawir (2010 : 33), bahwa pengertian rentabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam hal menghasilkan laba selama periode tertentu.

Jenis jenis Rasio Rentabilitas

Terdapat macam macam rasio rentabilitas, di antaranya yaitu sebagai berikut ini.
  • Rentabilitas modal sendiri adalah kemampuan suatu perusahaan untuk dapat menghasilkan laba yang bersumber dari modal keuangan milik pribadi.
  • Rentabilitas Ekonomi adalah kemampuan suatu perusahaan untuk dapat menghasilkan laba yang bersumber dari modal pribadi maupun modal asing.


Faktor faktor yang Mempengaruhi Rentabilitas

Sebutkan faktor faktor yang mempengaruhi rentabilitas perusahaan? faktor faktor yang mempengaruhi rentabilitas perusahaan adalah:
  • Volume penjualan.
  • Efisiensi manajemen terutama dalam hal menekan besar biaya.
  • Produktivitas tenaga.
  • Biaya modal.

Cara Menghitung Rasio Rentabilitas

Berikut ini adalah cara perhitungan rasio rentabilitas, beserta rumus menghitung rasio rentabilitas:
  • Profit margin adalah cara yang digunakan untuk menghitung kemampuan perusahaan dalam menghasilkan profit atau laba dalam tingkat penjualan tertentu. Laporan profit margin ini dapat diketahui dengan adanya laporan common size pada laporan laba rugi pada bagian baris paling akhir. Untuk menghitung profit margin dapat dengan menggunakan rumus berikut ini.
    Pengertian Rasio Rentabilitas
  • Gross profit margin adalah perbandingan pendapatan laba kotor yang didapat perusahaan pada periode tertentu dibandingkan dengan besarnya tingkat penjualan pada satu periode yang sama. Dengan rasio ini maka dapat diketahui sampai seberapa besar laba kotor yang didapat perusahaan sebelum dikurangi dengan beberapa biaya operasional serta produksi. Semakin besar suatu perusahaan dapat mengontrol rasionya, maka akan semakin besar juga laba yang akan diperoleh perusahaan tersebut. Untuk rumus gross profit margin adalah sebagai berikut.
    Pengertian Rasio Rentabilitas
  • Net profit margin adalah rasio yang dipergunakan untuk mengukur sampai seberapa besar laba bersih yang didapat oleh suatu perusahaan sesudah dikurangi hal-hal lain. Jika rasio net profit marginnya semakin tinggi, maka akan semakin besar juga laba bersih yang dihasilkan. Untuk dapat memperoleh net profit yang tinggi, maka dari segi penjualan harus juga ditingkatkan. Rumus perhitungan net profit margin adalah sebagai berikut ini.
    Pengertian Rasio Rentabilitas
  • Return on investment adalah kemampuan suatu perusahaan dalam hal menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya untuk menutup biaya yang dikeluarkan pada saat investasi. Laba yang dipakai untuk menutup biaya investasi adalah laba bersih sesudah dikenakan pajak (EAT). Rumus return on investment adalah sebagai berikut.
    Pengertian Rasio Rentabilitas
  • Return on Assets adalah kemampuan suatu perusahaan dalam hal menghasilkan laba dengan cara mengandalkan seluruh aktiva yang dimiliki perusahaan. Laba yang digunakan untuk menutup aset ini yaitu laba sebelum terkena bunga bank dan pajak (EBIT). Rumus return on assets yaitu sebagai berikut.
    Pengertian Rasio Rentabilitas

Demikian penjelasan yang dapat kami bagikan tentang apa pengertian rasio rentabilitas. Semoga apa yang telah kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat kepada anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar