Skip to main content

Pengertian Virus dan Penemunya serta Ciri-cirinya (Biologi)

Pengertian Virus dan Penemunya - Sebuah virus sering kali dikaitkan dengan sebuah racun, sehingga banyak orang yang beranggapan kalau virus itu identik dengan sesuatu yang dapat membuat rugi, baik itu terhadap manusia, hewan maupun tumbuhan. Contohnya sebuah penyakit. Namun dalam kenyataannya virus tidak hanya merugikan tapi juga bisa menguntungkan bagi manusia yaitu virus bisa dibuat vaksin. Nah apa itu virus? apa yang dimaksud dengan virus? Dalam pembahasan ini lah kami akan mengulas tentang definisi virus (pengertian virus), penemu virus dan ciri-ciri virus.

Pengertian Virus dan Penemunya
Menu Pembahasan

Pengertian Virus

Virus adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang artinya racun. Pengertian virus adalah suatu parasit mikroskopik yang telah menginfeksi sel organisme biologis. Sifat virus adalah parasit obligat, hal itu dikarenakan virus hanya bisa bereproduksi di dalam material hidup dengan cara menginvasi dan memanfatkan sel makhluk hidup karena virus tidak mempunyai perlengkapan seluler untuk melakukan reproduksi sendiri. Virus biasanya mengandung sedikit asam nukleat (DNA atau RNA, namun tidak kombinasi keduanya) yang terselubungi sejenis bahan pelindung yang terdiri dari protein, glikoprotein, lipid, maupun kombinasi dari ketiganya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Penemu Virus

Penemu virus pertama kali adalah Adolf Mayer yang telah yang berhasil mengungkap virus yang menyebabkan penyakit mosaik pada tanaman tembakau. Kemudian keberadaan adanya substansi nonbakteri pertama kali ditunjukkan adalah seorang ilmuwan yang berkebangsaaan Rusia (Dmitri Ivanovsky tahun 1892) dan seorang berkebangsaan Belanda (Martinus Beijerinck). Di tahun 1935 seorang ilmuwan berkebangsaan Amerika yang bernama Wendell Stanley berhasil mengkristalkan virus yang menyebabkan penyakit mosaik pada tanaman tembakau. Virus yang menyerang tembakau ini selanjutnya diberi nama Tobacco Mosaic Virus (TMV). Tembakau yang terserang virus ini akan berbintik-bintik menyerupai mosaik. Keberhasilan seorang ilmuan Stanley menjadikan pendorong perkembangan ilmu tentang virus atau disebut Virologi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Virus

Ciri-ciri virus adalah: virus disebut sebagai mikroorganisme (peralihan antara makhluk hidup dengan makhluk tak hidup). Hal tersebut dikarenakan virus bisa dikristalkan layaknya makhluk tak hidup dan tidak berbentuk sel namun didalamnya terkandung DNA dan RNA, serta dapat berkembang biak layaknya makhluk hidup. Ukuran virus sangatlah kecil, yaitu berkisar 20 – 400 nm, karena sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat melalui mata telanjang. Perkembangan virus hanya bisa hidup dan berkembang biak di dalam sel hidup. Hal ini membuktikan kalau virus hidup dalam sel makhluk hidup lain sebagai parasit, seperti hidup dalam tumbuhan, manusia, dan hewan. Virus bentuknya bermacam-macam ada yang bulat, batang, dan ada juga yang berbentuk T.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan tentang pengertian virus dan penemunya serta ciri-cirinya, semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian tersebut bisa memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar