Skip to main content

Pengertian Dasar Negara dan Fungsinya (Manfaat & Kedudukan)

Pengertian dasar negara dan fungsinya – Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita telah mengamalkan apa itu dasar negara. Dasar Negara Indonesia adalah Pancasila. Meskipun begitu diantara kita pastinya masih ada yang belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan dasar negara. Maksudnya yaitu tentang definisi dasar negara. Maka dari itulah pada pembahasan ini kami akan mengulas tentang pengertian dasar negara dan fungsi dasar negara beserta dengan manfaat dasar negara bagi suatu bangsa. Tidak hanya itu di sini juga kami bahas tentang akibat tidak memiliki dasar negara, pentingnya dasar negara serta kedudukan pacasila sebagai dasar negara.

Pengertian Dasar Negara dan Fungsinya

Pengertian Dasar Negara

Pengertian dasar negara adalah sebagai dasar dalam kehidupan bernegara. Biasanya dasar dari suatu negara digali dari jiwa dan budaya bangsa itu sendiri. Karena itulah setiap negara mempunyai dasar negara yang tidak sama. Dalam melaksanakan kehidupan bernegaranya, suatu negara wajib mempunyai dasar negara.

Pengertian dasar negara bagi suatu negara adalah untuk menata penyelenggaraan Negara. Selain itu dasar negara juga dijadikan sebagai falsafah hidup negara yang kedudukannya sebagai sumber tata tertib hukum, bisa dikatakan juga sumber dari segala sumber hukum pada sebuah negara. Maksudnya, sebuah Negara pada saat membuat peraturan atau hukum yang akan diberlakukan di negaranya, maka harus sejalan dengan negara tersebut dan tidak diperbolehkan bertentangan dengan negara tersebut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Adapun definisi dasar negara menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Dasar Negara menurut AT Sugeng

Bahwa menurut AT Sugeng dkk (2008) dasar negara yaitu landasan kehidupan suatu negara dalam melaksanakan dan menjalankan kehidupan suatu negara. Dimana dasar negara mempunyai peran untuk mengatur penyelenggaraan suatu negara yang menjadi sumber dari semua sumber hukum dan tata tertib yang berlaku di dalam negara tersebut.

Pengertian Dasar Negara Menurut Kaelan

Bahwa menurut Kaelan MS (2000), pancasila sebagai dasar negara merupakan sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib hukum) Indonesia. Sehingga pancasila merupakan asas kerokhanian tertib hukum Indonesia.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Dasar Negara

Fungsi dasar negara secara umum adalah sebagai berikut ini:

  1. Sebagai dasar berdiri dan tegaknya suatu negara. Dasar negara berfungsi sebagai landasan untuk pengelolaan suatu negara yang bersangkutan.
  2. Sebagai dasar dan sumber hukum nasional. Setiap kegiatan penyelenggaraan negara dan warga negara harus didasari pada hukum yang berlaku. Jadi seluruh peraturan perundang-undangan tidak dapat lepas dan harus didasarkan pada dasar negara pada setiap negara.
  3. Sebagai dasar kegiatan penyelenggaraan negara. Supaya para penyelenggara negara benar-benar bisa mewujudkan tujuan nasional. Mereka harus dapat mendasarkan seluruh kegiatan pemerintahannya pada dasar negara.
  4. Sebagai dasar pergaulan antar warga negara. Dasar negara tidaklah hanya sebagai dasar penghubung antara warga negara dan negara saja. Tetapi juga sebagai dasar hubungan antar warga negara di seluruh dunia.
  5. Sebagai dasar partisipasi warga negara. Dalam menggunakan hak dan kewajibannya, semua warga negara harus berpedoman pada dasar negaranya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Dasar Negara bagi Suatu Bangsa

Berikut ini kami sebutkan 4 manfaat dasar negara bagi suatu bangsa:

  1. Sebagai pandangan dan pedoman hidup bangsa dalam suatu negara.
  2. Sebagai dasar berdirinya suatu negara sehingga mempunyai tujuan yang jelas dalam bernegara.
  3. Sebagai landasan idil suatu negara dalam artian menjadi acuan untuk masyarakat supaya bisa menganut dan mengerti tentang negara yang menjadi tempat tinggalnya.
  4. Sebagai alat pemersatu bangsa.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara

Akibat tidak memiliki dasar negara adalah negara tersebut tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegaranya. Hal itu bisa mengakibatkan Negara tersebut tidak memiliki arah tujuan yang jelas, dengan begitu maka akan mudah terjadi kekacauan. Karena itulah, bentuk dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara disebut juga dengan norma bernegara, tujuan dan juga cita-cita negara. Sebagai contoh di Indonesia, dasar negaranya yaitu Pancasila sebagai dasar Negara. Pancasila dijadikan sebagai petunjuk dan pedoman di dalam menyelenggarakan kehidupan bernegara oleh pemerintah dan semua rakyat indonesia.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pentingnya Dasar Negara Bagi Suatu Negara

Pentingnya dasar negara bagi suatu negara adalah untuk mengatur penyelenggaraan negara. Selain itu dasar negara menjadi sumber inspirasi, motivasi, sumber hukum dan cita-cita moral serta sebagai sumber penyusun konstitusi suatu negara.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kedudukan pancasila sebagai dasar negara mengandung pengertian bahwa pancasila merupakan pedoman tingkah laku warga negara indonesia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian dasar negara dan fungsinya, beserta dengan hal yang berkaitan dengan dasar negara. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar