--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas - Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama. Maksud dari gagasan utama yaitu gagasan yang menjadi dasar penggambaran sebuah paragraf. Gagasan utama merupakan gagasan menyatakan hal-hal yang sifatnya umum, yang merangkum semua gagasan yang terdapat dalam sebuah paragraf. Paragraf yang baik ialah paragraf yang hanya mengandung satu gagasan utama. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang mengandung gagasan penjelas. Maksud dari gagasan penjelas yaitu gagasan yang menjelaskan sebuah gagasan utama. Penjelasannya dapat berbentuk uraian-uraian atau rincian, ilustras atau contoh-contoh, kutipan-kutipan dan lain-lain. Agar lebih mengetahui tentang apa itu kalimat utama dan apa itu kalimat penjelas, silahkan lihat contoh kalimat berikut ini.

Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas 

Perhatikanlah paragraf-paragraf di bawah ini.
- Adanya ketidak percayaan pada pelaksanaan berbagai aturan merupakan salah satu penyebab terjadinya unujk rasa. Para pengunjuk rasa tidak menemukan pelampiasan atas tidakpuasnya yang telah mereka rasakan. Akhirnya tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar menimbulkan amuk massa. Kejadian seperti itulah yang mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung anarkisme apabila aspirasi mereka tidak tersalurkan. Sebab mereka menginginkan kalau aksi mereka diperhatikan.

Kalimat utama dan Kalimat Penjelasnya

Paragraf menyatakan gagasan tentang penyebab terjadinya unjuk rasa, yakni ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Gagasan itulah yang menjadi dasar dari pembahsan paragraf tersebut. gagasan itu ada dalah kalimat pertama. Dengan demikian, kalimat pertama merupakan kalimat utama, sedangkan kalimat-kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelasnnya. 

Dalam paragraf tersebut gagasan mengenai ketidak percayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan menjadi penyebab terjadinya unjuk rasa. Gagasan itulah yang merupakan dasar pembahasan dalam paragraf tersebut yaitu ada pada kalimat pertama. Dengan begitu, dalam paragraf tersebut kalimat pertama adalah kalimat utama, sedangkan kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelas.

- Setelah memasuki abad ke-22, beberapa masalah kependudukan menghadang umamt manusia secara “tumpang tindih”. Contohnya masalah lansia (lanjut usia) muncul ketika pertummbuhan penduduk masih meningkat. Di tengah rumitnya masalah tenaga kerja kemiskinan mmenjadi kian kasat mata, Mmasalah kesehatan juga turut mewarnai kehidupan, terutama pada wanita dan anak-anak.

Kalimat utama dan Kalimat Penjelasnya

Pada paragraf tersebut berisi tentang gagasan tumpang tindihnya masalah kependudukan yang dihadapi uamat manusia. Gagasan tersebutlah yang merupakan dasar pembahasan dalam paragraf itu. Karena itulah gagasan tersebut merupakan kalimat utama. Secara jelas gagasan utama dinyatakan pada paragraf pertama. Dengan begitu, kalimat pertama adalah kalimat utama paragraf tersebut. Adapun yang merupakan kalimat penjelasnya adalah kalimat-kalimat dibawahnya.
Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Demikian uraian singkat dari kami tentang Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas. Semoga uraian dari blog temukan pengertian yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat.