Pengertian Kalimat Majemuk

Pengertian Kalimat Majemuk - Kalimat majemuk merupakan salah satu contoh kalimat dari sekian banyak jenis kalimat yang dikenal sampai sekarang ini. Yang membedakan kalimat majemuk dengan kalimat yang lain, dibedakan atas dasar bentuk pola dan kalimatnya. Ada pola tertentu yang menjadi ciri khas dari kalimat majemuk. Pola inilah yang perlu dikenali untuk bisa membuat kalimat majemuk secara benar. Lalu seperti apakah bentuk kalimat majemuk ini? Mungkin diantara kalian sudah pernah di ajarkan di sekolah tentang materi kalimat majemuk. Bagi yang belum memahaminya atau masih bingung tentang kalimat majemuk mungkin kalian bisa belajar Kalimat Majemuk di sini.
Pengertian Kalimat Majemuk

Pembahasan tentang Kalimat Majemuk ini terdiri atas 3 bagian. Bagian pertama akan kami jelaskan tentang Pengertian tentang Kalimat Majemuk dan juga menjelasakan tentang ciri-ciri dari kalimat majemuk itu sendiri. Bagian kedua akan kami jelaskan tentang jenis-jenis kalimat majemuk, karena kalimat majemuk jenisnya ada banyak dan berbeda antara yang satu dengan yang lain. Bagian terakhir akan kami berikan contoh-contoh kalimat majemuk itu seperti apa. Berikut ini adalah penjelasan dari kalmiat majemuk selengkapnya.

Pengertian Kalimat Majemuk

Kalimat majemuk merupakan istilah yang mengacu pada jenis kalimat yang terdiri dari dua pola atau lebih. Hal tersebut mengacu pada arti kata majemuk yang artinya sebuah kalimat yang mengandung dua pola kalimat atau lebih, atau bisa dikatakan kalau kalimat yang terjadi dari beberapa klausa bebas. Asal jenis kalimat ini dari penggabungan atau perluasan kalimat tunggal, kemudian membentuk satu atau lebih pola kalimat baru di samping pola kalimat yang sebelumnya telah ada. Kalimat majemuk bisa diartikan kalimat yang terdiri dari dua  atau lebih kalimat tunggal. Tiap kalimat majemuk mempunyai kata penghubung yang tidak sama. Kalimat penghubung itulah yang dijadikan tanda untuk mengetahui jenis kalimat majemuk. Kalimat majemuk mempunyai fungsi utama yaitu sebagai kalimat pengurai, kalimat penjabar, kalimat penjelas, dan kalimat perinci.

Jenis-Jenis Kalimat Majemuk

Kalmiat majemuk jenisnya bisa dibagi menurut proses pembentukannya atau proses terjadinya. Menurut ini, kalimat majemuk dibagi menjadi 4 jenis, yaitu: kalimat majemuk setara, kalimat majemuk rapatan, kalimat majemuk bertingkat, dan kalimat majemuk campuran. Penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut ini:
- Pengertian Kalimat Majemuk Setara
Kalimat majemuk setara yaitu kalimat yang hubungan antara unsur-unsurnya sifatnya setara atau sederajat. Kalimat majemuk setara ini tidak mempunyai anak kalimat. Ciri-ciri kalimat majemuk setara ini yaitu terdapat kata penghubung atau, dan, lalu, namun, kemudian, sedangkan, melainkan dan tetapi.
- Pengertian Kalimat Majemuk Rapatan
Sebenarnya kalimat majemuk rapatan bermula dari kalimat majemuk setara yang dirapatkan bagian-bagiannya karena kata-kata/ frasa dalam kalimat tersebut menempati posisi yang sama. Yang dirapatkan bisa pada bagian predikat atau subjek. Perapatannya diperoleh melalui cara unsur-unsur yang sama dihilangkan.
- Pengertian Kalimat Majemuk Bertingkat
Kalimat majemuk bertingkat yaitu satu jenis kalimat majemuk yang hubungan antara  unsur-unsurnya tidak sederajat. Keudukan kalimat majemuk jenis ini klausa-klausanya bertingkat sebagai hasil perluasan terhadap salah satu, beberapa, atau seluruh unsurnya sehingga menjadi pola yang baru. Terdapat satu unsur yang posisinya sebagai induk kalimat dan ada unsur yang lain posisinya sebagai anak kalimat.
- Pengertian Kalimat Majemuk Campuran
Kalimat majemuk campuran yaitu gabungan antara kalimat majemuk rapatan atau setara dengan kalimat majemuk bertingkat. Kalimat majemuk campuran pada umumnya, ada paling sedikit 3 kalimat tunggal.

Contoh Kalimat Majemuk

Sesudah membaca dan memahami pengertian beserta jenis-jenis kalimat majemuk, di bawah ini akan kami berikan contoh-contoh kalimat majemuk:
Contoh Kalimat Majemuk Setara
Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat majemuk setara:
- Harga Bahan Bakar Minyak naik dan sembako juga ikut naik.
- Aku ingin kuliah di bidang komputer dan ibu sangat mendukungku.
- Kakak membeli pensil dan adik juga ikut membelinya.
- Mahasiswa merencanakan berwisata, tetapi dosen tidak melarangnya.
- Kita akan ke sana atau cukup berada di sini saja?.
- Ayah menyetujui keputusanku dan ibu merestuinya.
Contoh Kalimat Majemuk Rapatan
Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat majemuk rapatan:
Paman membawa kue
Bibi membawa kue
Paman dan bibi membawa kue (rapatan predikat)

Bu Devi, guru bahasa Inggris.
Bu Devi, teman ibuku
Bu Devi, guru Bahasa Inggris dan teman ibuku (rapatan subjek)

Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat
Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat majemuk bertingkat:
- Saya tidak setuju keputusan itu, maka saya protes.
- Acara tersebut dibatalkan dikarenakan hujan turun deras.
- Daripada tidak ada kerjaan, bantulah kakakmu.
- Meskipun hatinya sedih, anton tidak pernah menangis.
- Temanku tinggal di desa agar bisa menemani bapaknya.
- Asal kamu mau belajar, kamu pasti mampu mengerjakan soal yang diberikan ibu guru.
- Ketika upacara, boy pingsan.
Contoh Kalimat Majemuk Campuran
Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat majemuk campuran:
- Kami pulang namun mereka masih sibuk kerja karena tugasnya masih menumpuk.
- Karena sudah larut malam, kami ngobrol sebentar dan langsung pamitan pulang.
- Adik bermain dan saya sedang menulis pada saat bapak datang.
- Ulangan telah selesai ketika tim pengoreksi datang dan dosen-dosen telah pulang.
- Bapak pulang ketika ibu mencuci dan adik bermain.
Demikianlah pembahasan kali ini tentang Pengertian Kalimat majemuk dan contohnya, semgoa dapat menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait