Pengertian Resensi dan Unsur Resensi

Pengertian resensi dan unsur resensi - Berbicara mengenai sebuah karya baik itu buku, film, maupun album tentunya kita pernah mendengar istilah resensi. Mungkin juga anda baru kali ini mendengar istilah resensi, nah apa itu resensi? Tahukah kamu apa yang dimaksud resensi? Beberapa di antara anda tentunya ada yang sudah tahu definisi resensi atau arti resensi, namun tentunya ada juga yang belum tahu. Nah untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang apa yang dimaksud dengan resensi dan juga unsur unsur resensi. Oke langsung saja silahkan di pahami dengan baik berikut ini adalah pengertian resensi dan unsur unsur resensi.
Pengertian Resensi dan Unsur Resensi

Pengertian Resensi

Resensi adalah sebagai sebuah karangan yang isinya tentang ulasan terhadap sebuah karya baik itu dalam bentuk buku, film maupun album. Umumnya resensi didefinisikan untuk memperdalam dari pengertian resensi. Menurut para ahli definisi resensi yaitu sebuah karangan yang isinya tentang penilaian terhadap sebuah buku atau karya seni. Tujuan ditulisnya sebuah resensi yaitu untuk memperkenalkan buku atau karya seni kepada para pembaca atau masyarakat yang membaca serta bertujuan untuk membantu mereka dalam memahaminya ataupun memilahnya. Unsur-unsur resensi yaitu terdiri dari identitas buku, ikhtisar buku, kepengarangan keunggulan dan kelemahan. Untuk lebih lanjutnya tentang penjelasan unsur-unsur resensi berikut ini penjelasannya.

Unsur-Unsur Resensi
Berikut ini adalah unsur unsur resensi dan penjelasannya:
  • Identitas Buku, yaitu meliputi judul buku, nama pengarang buku, nama penerbit buku beserta alamatnya, nomor edisi buku, dan ketebalan buku. Identitas buku bisa juga meliputi ukuran buku, warna buku dan ilustrasi jilid. Namun hal tersebut jarang sekali diikutkan dalam kepentingannya dengan penulisan resensi.
  • Ikhtisar Buku, yang disusun berdasarkan dari pokok-pokok isi buku. Namun, jika buku yang akan diresensi tersebut berupa novel, maka cara menentukan dalam pokok-pokok isi buku tidak sama dengan buku nonfiksi. Dalam menentukan pokok-pokok isi novel bisa ditentukan menurut keadaan atau peristiwa-peristiwa penting yang terdapat dalam novel.
  • Kepengarangan, dalam resensi novel sosok pengarang sering diceritakan. Hal tersebut terutama berhubungan dengan latar belakang, sikap-sikap, keahlian serta karya-karyanya. Secara ringkas bagian-bagian tersebut diceritakan, serta pada umumnya tidak lebih dari satu paragraf. Umumnya sosok pengarang dicantumkan pada halaman pertama atau pada bagian belakang pada novel. Dari situlah bisa berbicara mengenai unsur kepengarangan. Untuk pengarang yang sudah populer atau terkenal, bisa membacanya dari sumber-sumber yang lain. Misalnya dari internet kita pun juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap.
  • Keunggulan dan kelemahan, dalam resensi berhubungan dengan unsur-unsur novel. Terhadap unsur-unsur tersebutlah kita bisa memberikan sebuah penilaian, baik itu menurut penguasaan masalah, kejelasan kekhasan, kesederhanaan, maupun aspek-aspek yang lainnya yang bisa kita tentukan.

Demikianlah penjelasan dari kami tentang pengertian resensi dan unsur resensi yang bisa kami uraikan dalam artikel ini. Semoga penjelasan yang kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru