Pengertian Surat Niaga dan Jenis Surat Niaga

Pengertian surat niaga dan jenis surat niaga - Surat merupakan sarana komunikasi yang penting dalam kehidupan kita. Banyak sekali kegiatan-kegiatan dalam kehidupan kita yang memerlukan surat salah satunya dalam kegiatan bisnis atau dagang. Dalam kegiatan bisnis atau dagang ada surat yang digunakan untuk menunjang kegiatan tersebut yaitu disebut dengan surat niaga. Tahukah kamu apa itu surat niaga? apa saja macam macam surat niaga? Jika anda belum tahu tentang apa yang dimaksud surat niaga dan macam-macamnya atau jenisnya. Maka di sini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan surat niaga beserta jenis jenis surat niaga. Oke langsung saja berikut ini penjelasan dari definisi surat niaga atau arti surat niaga dan juga jenis surat niaga yang sering digunakan perusahaan.
Pengertian Surat Niaga dan Jenis Surat Niaga

Pengertian Surat Niaga

Jelaskan yang dimaksud surat niaga atau dagang? Surat Niaga adalah sebuah surat yang ditulis yang berisi  tentang kepentingan-kepentingan perdagangan atau bisnis. Dengan begitu, maka surat perjanjian jual beli bisa dikelompokan dalam surat niaga karena dalam surat jual beli menyangkut tentang kepentingan perdagangan atau bisnis. Isi dalam surat niaga itu melibatkan antara pihak penjual dengan pihak pembeli. Untuk mengetahui apa saja macam macam surat niaga, silahkan anda baca penjelasan jenis jenis surat niaga berikut ini.

Jenis jenis Surat Niaga atau Dagang

Sebutkan jenis jenis surat niaga? Di bawah ini adalah beberapa macam macam surat niaga atau bisnis (dagang) yang dapat digunakan dalam kepentingan dagang atau bisnis:
  • Surat perjanjian jual beli,
  • Surat penawaran,
  • Surat permintaan,
  • Surat pesanan,
  • Surat pengantar pengiriman barang,
  • Surat pengiriman pembayaran,
  • Surat pemberitahuan penerimaan barang,
  • Surat pengakuan penerimaan pembayaran, dan lain lain.

Berdasarkan sifatnya surat niaga bisa dikelompokan menjadi 2 macam yaitu surat niaga intern dan surat niaga ekstern. Surat niaga intern digunakan dalam perusahaan itu sendiri (intern). Sedangakan surat niaga yang ekstern digunakan untuk berhubungan dengan perusahaan lain.

Demikianlah penjelasan tentang artikel Pengertian Surat Niaga dan Jenis Surat Niaga yang bisa kami sampaikan di sini. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bisa dipahami dengan baik sehingga memberikan manfaat kepada anda yang sedang mencari informasi ini.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru