Skip to main content

Pengertian Nilai dan Macam-macam Nilai

Pengertian nilai dan macam-macam nilai - Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sering menjumpai mendengar nilai, bahkan terkadang kita dinilai atau malah menilai. Lalu tahukah kamu apa itu nilai? Seperti apa yang dimaksud nilai? Mungkin anda pernah mendengar nilai, dinilai dan memberikan nilai namun tidak bisa memberikan definisi nilai. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan nilai. Selain menjelaskan tentang apa arti nilai di sini kami juga akan menjelaskan tentang macam macam nilai. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini, silahkan dibaca sampai selesai ya.
Pengertian Nilai dan Macam-macam Nilai

Menu Pembahasan

Pengertian Nilai

Nilai adalah sesuatu yang penting dan berguna,atau semakin bermanfaatnya suatu benda, maka semakin tinggi juga nilai dari benda tersebut. Begitu pula sebalinya semkin rendah kegunaan suatu benda, maka semkin rendah nilai benda tersebut. Sebagai contoh sebuah emas bisa dikatakan sebagai benda yang bernilai, itu dikarenakan emas mempunyai banyak kegunaan seperti sebagai perhiasan, pengganti uang, tabungan kekayaan, investasi dan lain-lain. Sedangkan sebuah limbah dianggap sebagai sebuah benda tak bernilai dikarenakan benda tersebut tidak mempunyai manfaat atau kegunaan apapun yang malahan bisa merusak lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan. 

Dalam masyarakat nilai merupakan suatu kriteria yang digunakan untuk mengukur tingkat kepentingan suatu benda, sikap, perbuatan dan lain-lain. Menurut kriteria-kriteria yang dijelaskan tersebut, macam-macam nilai dibagi menjadi beberapa seperti penjelasan dibawah ini.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam-macam Nilai

Berikut ini macam-macam nilai menurut kriteria di antaranya yaitu:
  1. Nilai moral adalah nilai yang berhubungan dengan perbuatan baik dan perbuatan buruk yang menjadi landasan dasar kehidupan manusia dan bermasyarakat.
  2. Nilai Budaya adalah nilai yang berhubungan dengan kebiasaan, pemikiran serta hasil karya cipta manusia.
  3. Nilai politik adalah nilai yang berhubungan dengna cara manusia dalam meraih sebuah kemenangan.
  4. Nilai agama adalah nilai yang berhubungan dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah (Tuhan) dan utusan-utusannya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian uraian yang dapat kami jelaskan tentang apa itu pengertian nilai dan macam-macam nilai. Semoga penjelasan di dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar