Skip to main content

Pengertian Informasi dan Jenis Jenis Informasi

Pengertian informasi dan jenis jenis informasi - Dalam kehidupan kehidupan sehari-hari tentunya kita sering mendengar sebuah informasi. Bahkan diantara kita juga pernah membuat sebuah informasi. Lalu apa definisi informasi atau arti informasi itu sendiri? Seperti apa pengertian informasi itu? Di antara kamu tentunya ada yang masih belum tahu apa yang dimaksud informasi. Nah utnuk itulah di sini kami akan memberikan penjelasan tentang apa itu informasi. Di sini selain menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan informasi juga kami jelaskan mengenai jenis jenis informasi. Silahkan kamu simak penjelasannya berikut ini, baca sampai selesai dan pahamilah.
Pengertian Informasi dan Jenis Jenis Informasi

Pengertian Informasi

Informasi adalah sebuah keterangan, berita atau pemberitahuan. Informasi bersifat menambah wawasan atau pengetahuan seseorang. Karena itulah rangkaian berita di televisi maupun radio bisa disebut informasi,.Informasi sendiri terbagi dalam beberapa macam atau jenis-jenis informasi yaitu: informasi berdasarkan bidang kehidupan, informasi berdasarkan fungsi, informasi berdasarkan lokasi peristiwa,dan informasi berdasarkan format penyajian.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-Jenis Informasi

Berikut ini adalah penjelasan dari jenis-jenis informasi yang telah disebutkan di atas.
  • Informasi berdasarkan bidang kehidupan adalah informasi yang isinya berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada, contohnya olahraga, pendidikan, sastra, musik, budaya dan ilmu pengetahuan teknologi.
  • Informasi berdasarkan fungsi adalah informasi yang isinya materi berdasarkan kegunaan informasi tersebut. Jenis informasi ini misalnya yaitu informasi edukatif (mengajari pembaca) dan informasi yang dapat menambah pengetahuan. Contoh informasi edukatif yaitu tips berbicara di depan umum, tulisan teknik belajar yang jitu, cara menjadi programmer komputer yang handal. Sedangkan contoh informasi yang menambah pengetahuan yaitu pembangunan daerah, peristiwa-peristiwa bencana alam, kegiatan selebritis dan lain-lain.
  • Informasi berdasarkan lokasi peristiwa adalah sebuah informasi yang berdasarkan lokasi berlangsungnya peristiwa. Misalnya yaitu informasi dari luar negeri dan informasi dari dalam negeri.
  • Informasi berdasarkan format penyajian adalah sebuah informasi yang berdasarkan dari bentuk penyajian informasi tersebut. Misalnya informasi berbentuk karikatur, foto, tulisan teks, dan lukisan abstrak.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian informasi dan jenis jenis informasi. Semoga apa yang telah kami jelaskan pada blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar